Take a fresh look at your lifestyle.

Pemkab Brebes Jamin Stok BBM dan LPG Aman

102

BREBES, smpantura.com – Pemkab Brebes menjamin kondisi ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) saat Ramadhan hingga Lebaran, di seluruh wilayahnya aman. Bahkan, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, dilakukan penambahan penyaluran kepada masyarakat sebesar 9 persen dari rata-rata penyaluran normal.

“Hasil koordinasi dengan PT Pertamina, kami menjamin pasokan BBM dan LPG selama Ramadhan hingga Lebaran 1442 hijriyah dalam kondisi aman,” tegas Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Brebes, Farikhah di ruang kerjanya, Rabu (5/5).

Dia mengatakan, setiap Ramadhan dan Lebaran memang terjadi lonjakan permintaan kebutuhan LPG dan BBM. Namun untuk LPG, kali ini ada peningkatan penyaluran sebesar 9 persen dari rata-rata penyaluran normal. Sedangkan untuk BBM, PT Pertamina mengantisipasi dengan skenario kenaikan konsumsi hingga 8 persen dibandingkan dengan rata-rata bulanan normal. “Semua agen siaga dan siap mendistribusikan LPG setiap saat. Artinya, semua SPBU dan agen dimaksimalkan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM dan LPG selama Ramadahan dan Idhul Fitri ini,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa agen dan pangkalan. Dari 24 agen dan 300 pangkalan yang tersebar di Brebes, saat ini tidak ada masalah, termasuk ketersediaanya yang mencukupi. “Saat ini Pertamina telah menyalurkan 1,5 juta tabung gas LPG ukuran 3 kg untuk konsumsi rakyat. Kami juga secara aktif melakukan pengendalian dan pemantauan agar tidak disalahgunakan oleh sektor yang tidak berhak,” tandasnya.

Ditempat terpisah, Direktur PT Shintya Jaya Kusuma, Maryatun Indra Kusuma mengatakan, pihaknya akan turut menjaga stok LPG 3 kg untuk disalurkan ke agen atau pangkalan. “Insya Allah stock aman hingga pasca lebaran,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA