Take a fresh look at your lifestyle.

Waw..!! Pemkab Brebes Beli 9 Mobil Dinas Baru Saat Pandami Covid

- Termasuk Bagi Bupati dan Wakil Bupati

94

BREBES – Pemkab Brebes melaksanakan pengadaan mobil dinas baru sebanyak 9 unit, di saat Pendemi Covid-19 melanda Kota Bawang. Bahkan, Pemkab kini telah mengalokasikan dana melalui APBD perubahan tahun 2020 untuk pembelian mobil dinas baru tersebut Rp 3,1 miliar lebih, termasuk untuk membeli kendaraan dinas baru bagi Bupati dan Wakil Bupati Brebes.

Di sisi lain, sejumlah ruas jalan kabupaten mengalami kerusakan parah dan belum bisa diperbaiki di tahun anggaran 2020. Itu lantaran anggaran pembangunan fisik terkena refokusing bagi penanganan Covid-19 hingga 30 persen. Kondisi tersebut seperti di ruas jalan Kecipir yang kini rusak parah dan belum diperbaiki permanen. Namun pada APBD perubahan 2020, Pemkab justru mengalokasikan pengadaan mobil dinas baru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan saat dikonfirmasi, tidak menampik adanya pembelian mobil dinas baru yang dilakukan Pemkab Brebes tersebut. Dia mengatakan, pembelian mobil dinas baru itu disusun sesuai skala prioritas. Artinya, memang sangat mendesak dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional. Mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati yang dimiliki saat ini misalnya, kondisinya sudah tidak layak, dengan usia pakai di atas lima tahun. Bahkan, mobil dinas wakil bupati sekarang berada di bengkel karena rusak. Sedangkan pembelian mobil dinas lainnya, diperuntukan bagi 4 camat di wilayah Brebes bagian selatan yang kondisi medannya berat, karena pegunungan. Yakni, untuk Camat Bumiayu, Tonjong, Bantarkawung dan Salem. “Pengadaan mobil ini dilaksanakan setelah kita susun skala prioritas. Termasuk, mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati karena yang saat ini dimiliki kerap rusak karena usiannya sudah di atas lima tahun,” jelasnya.

Kepala Bagian Umum Setda Pemkab Brebes, Setiawan Nugroho menambahkan, bagiannya dalam pengadaan itu hanya sebatas pelaksana. Total anggaran yang dialokasikan Rp 3,1 miliar, masuk dalam APBD Perubahan tahun 2020. Sebelumnya di APBD Murni tahun 2020 memang dialokasikan, tetapi terkena refokusing. Kemudian, dalam APBD perubahan dialokasikan kembali dengan mengacu skala prioritas. “Jadi, kami hanya sebagai pelaksana dengan total anggaran Rp 3,1 miliar untuk pembelian 9 unit mobil dinas,” sambungnya.

Sesuai rencana, lanjut dia, dari alokasi anggaran pengadaan mobil dinas tersebut, digunakan untuk membeli kendaraan dinas Bupati berupa sedan. Selanjutnya kendaraan dinas Wakil Bupati jenis Toyota Fortuner, 4 unit mobil jenis Toyota Rush untuk kendaraan Camat di wilayah Brebes selatan. Sisanya, 1 unit mobil Mitsubhisi Expander untuk BPPKD, 1 unit Toyota Avanza untuk Dinas Kesehatan dan 1 unit Toyota Rush untuk Dinas Pendidikan. “Mobil dinas bagi Bupati ini untuk menggantikan mobil dinas sebelumnya jenis Toyota Camrry tahun 2013 yang sudah tidak layak. Sedangkan Wakil Bupati untuk menggantikan mobil dinas jenis Fortuner tahun 2014 yang juga kerap rusak karena pemakaian tinggi,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA