Take a fresh look at your lifestyle.

Peminat Video Kreatif Tinggi, Kominfo Bakal Gelar Lomba Tahap II

45

SLAWI,smpantura.com – Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal berjalan sukses. Lomba kali pertama yang mengusung subtema Cegah Covid-19, Belajar Daring, dan Desa Merdeka Sampah, diminati banyak peserta. Dengan banyak peminat video kreatif, Kominfo akan gelar lomba serupa untuk Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan II.

Adapun pemenang lomba tahal 1 yang telah diumumkan melalui media sosial dan website Diskominfo Kabupaten Tegal pada 13 April 2021, yakni untuk Subtema Belajar Daring, yakni Juara I Kate Picture dari Desa Selarang Lor Kecamatan Dukuhwaru, Juara II Fajar dari Desa Gembong Kulon Kecamatan Talang, dan Juara III Skanu Films dari Kelurahan Procot Slawi. Sedangkan subtema Cegah Covid-19, Juara I diraih oleh Rice Mill Image dari Desa Tanjungharja Kramat, Juara II Rakiy Films dari Desa Tembok Banjaran Adiwerna, dan Juara III Circle Studio dari Kelurahan Pakembaran Slawi. Untuk subtema Desa Merdeka Sampah, Juara I GTT Cinema Kleben dari Desa Gembong Kulon Kecamatan Talang, Juara II Ading Production Jl. Mangga Dampyak, Kecamatan Kramat, dan Juara III LIP Cinema dari Desa Pangkah, Kecamatan Pangkah.

“Kami sampaikan selamat kepada para pemenang. Kepada para peserta yang belum berhasil mendapat juara, tunggu Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan Ke- II yang akan segera kami buka dalam waktu dekat ini,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto.

Dikatakan, para juara diberikan sertifikat dan hadiah berupa uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 3 juta untuk juara I, Rp. 2.5 juta untuk juara II dan Rp 2 juta untuk juara III. Total hadiah yang disediakan sebanyak Rp 22,5 juta untuk tiga sub tema. Dijelaskan, para pemenang telah melalui penilaian lomba, diantaranya Keseuaian dengan tema, substansi, Isi atau pesan yang disampaikan, kualitas gambar, tata suara, Pengambilan angle, momen, pencahayaan, ilustrasi music, kreativitas, inovasi, inspirasi, dan edukasi.
“Lomba ini banyak diminati masyarakat. Kami akan selenggarakan rutin lomba semacam ini dan kualitasnya terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I yang dimulai pada 22 Februari dan ditutup 2l Maret 2021 lalu diikuti oleh 46 peserta dengan jumlah kiriman video sebanyak 54 video. Satu video kiriman dari Kabupaten Pemalang dan satu kiriman dari Kota Tegal. Sesuai peraturan panitia, bahwa lomba ini hanya untuk masyarakat Kabupaten Tegal, maka kedua video tersebut langsung didiskualifikasi. Tersisa 52 video yang terdiri dari 15 video subtema Belajar Daring, 15 video subtema Cegah Covid-19, dan 22 video subtema Desa Merdeka Sampah.

“Harapannya dengan lomba ini generasi milenial yang selama ini hanya membuat konten selfi, atau eksistensi diri, bisa mulai berpikir kreatif, inovatif, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat lain. Selain itu, mengetahui program-program pembangunan pemerintah melalui ide-ide pembuatan konten video,” pungkasnya.

(T05-Red)

BERITA LAINNYA