Take a fresh look at your lifestyle.

Pemdes Purbasana Ajak Masyarakat Untuk Kembali Kelola Embung

137

TARUB,smpantura.com – Demi untuk menciptakan kemajuan desa di bidang pariwisata, Pemerintah Desa Purbasana Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, mulai menggerakkan masyarakat untuk menghidupkan kembali keindahan Embung yang sudan beridiri sejak sekitar lima tahun silam.

Kepala Desa Purbasana Samsudin mengatakan, selain rencana akan di buat desa wisata, kegiatan tersebut juga akan menghidupkan kembali embung yang selama ini tidak terawat yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat memancing dan memanfaatkan kembali Seni Tradisional Terbang Jawa serta penaburan benih ikan.

“Selama ini embung yang tidak terawat, kita akan hidupkan kembali, agar bisa dimanfaatkan untuk pemancingan juga rencana kita buat untuk wisata desa. Dengan bekerjasama dengan Pemdes setempat serta masyarakat sekitar, semoga embung tersebut bisa dimanfaatkan untuk kemajuan desa,” ungkap Kades saat ditemui media, Senin (28/6).

Samsudin juga menjelaskan, saat ini ada sekitar 3 ribu pohon bantuan dari Perhutani Baros Kabupaten Brebes, yang terdiri dari jambu biji, sirsat, flamboyan,rambutan dan durian. Selain itu sekitar 15 ribu bibit ikan nila dari Pemkab Tegal.

“Alhamdulillah kegiatan ini juga di dukung Pemkab Tegal dan diberi modal awal agar kedepan bisa di petik hasilnya yaitu 15 ribu bibit ikan nila. Kami juga mengajak semua Petani Desa Purbasana untuk menggunakan pupuk organik cair, biar nanti saat tidak ada pupuk kita tidak bingung,” tambahnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Desa Purbasana Heri Siswanto mengungkapkan, dirinya mengaku sangat senang sekali, karena kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Pemdes, Dinas terkait serta Karang Taruna Kabupaten.

“Setelah pertama kita mengadakan konsultasi ke Pak Kades, langsung dapat respon dan sangat di dukung, dan waktu itu Pak Kades langsung membantu kami untuk mengurus ijin sampai ke PSDA Propinsi, karena inipun kegiatan sosial bukan untuk kita, tapi untuk membantu mensejahterakan masyarakat sekitar embung, makanya setelah di resmikan kegiatan ini, kami dari Karang Taruna akan menjaga dan merawatnya,karena ini sebuah amanah,” ungkap Heri.

Lanjut Heri, Kegiatan tersebut juga di hadiri dari perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Forkomimcam Tarub. Selain mendapatkan benih ikan nila, bibit pohon juga mendapatkan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal sebesar Rp 100 juta rupiah. “Alhamdulilah semoga lancar untuk kedepannya,” sambungnya. (T04-Red)

BERITA LAINNYA