Take a fresh look at your lifestyle.

Pemdes Kaliwadas Dituntut Buka Data BLT

291

ADIWERNA – Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga yang berdampak Virus Korona (Covid-19) mulai bergulir di sejumlah wilayah Kabupaten Tegal. Seperti halnya di Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna yang pendataannya dari RT dan RW. Namun, pendataan program itu mendapatkan protes dari RT, RW dan sejumlah masyarakat karena dinilai tidak transparan.

“Kami datang ke sini (balai desa-red) untuk memastikan bahwa data yang kami ajukan diterima oleh desa dan dimasukan dalam daftar penerima,” kata Ketua RW 01, Evi Krismarsetio saat klarifikasi dengan Kades Kaliwadas, Rukhamah, baru-baru ini.

Dikatakan, beberapa data berupa foto copy KTP dan KK yang sudah diajukan sebagai penerima bantuan sepertinya dicoret.

“Kami menduga, kepala desa juga ikut berjalan mencari data ke warga pendukungnya pada saat pilkades lalu,” sambungnya.

Evi melanjutkan, bantuan yang datang dari TNI, kepala desa juga mengklaim bahwa bantuan tersebut langsung secara pribadi.

Kepala Desa Kaliwadas, Rukhamah menjelaskan bahwa data yang diterima dari masing-masing ketua RT tidak ada yang dicoret.

“Kami pihak desa tidak pernah mencoret data yang diajukan oleh ketua RT, hanya saja sebagian dialihkan karena bantuan yang akan diterima warga bukan hanya dari satu sumber, supaya tidak tumpang tindih bantuan,” jelas Rukhamah.

Dalam kesempatan itu, akhirnya terjadi kesepakatan, dan pihak desa bersedia melakukan verifikasi secara terbuka ihwal program bantuan. Proses mediasi yang didampingi dari pihak Polsek dan Koramil Adiwerna berlangsung secara damai. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA