Take a fresh look at your lifestyle.

Pembukaan Perpusdes Sesuai Kebijakan Desa

98

BATANG- Di era adaptasi kebiasaan baru, perpustakaan desa di sejumlah desa di Batang sudah memulai kegiatannya. Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah mengatakan, untuk saat ini sudah ada beberapa perpusdes yang masih non aktif dan ada pula perpusdes yang sudah melayani peminjaman buku dan juga menggelar beberapa kegiatan.

” Operasional perpusdes sepenuhnya kami serahkan kebijakannya di masing-masing desa. Karena kondisi di tiap desa statusnya berbeda-beda, ada yang hijau, kuning dan merah. Kalau misalnya zonasi desanya hijau, silahkan saja jika mau dibuka. Asalkan tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai standar,” kata Rakhmat.

Dia menjelaskan, memang belum semua perpusdes yang aktif melayani pinjam baca buku. Tapi ada beberapa yang aktif melayani kegiatan literasi pemberdayaan masyarakat. Perpudes sudah ada yang melaksanakan kegiatan seperti edukasi pembuatan ecobrik, donor darah, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Tetapi bagi masyarakat yang perpusdesnya belum aktif dan belum melayani pinjam baca buku, masyarakat bisa memanfaatkan sarana perpus digital milik Disperpuska Batang. ”

” Bagi yang sudah bosan di rumah aja dan butuh asupan bacaan, masyarakat bisa mengakses layanan e-perpus kami. Tinggal download di appStore ataupun playstore. Ada ribuan koleksi buku gratis yang bisa dibaca kapanpun dan dimanapun,” imbuhnya.

Sementara itu pengurus Perpusdes Ngudi Kawruh Rejosari Barat Tersono, Eni menjelaskan, saat ini Perpusdesnya sudah mulai beroperasi. Hanya saja sifatnya masih pada kegiatan sosial. Belum untuk kegiatan layanan pinjam baca.

” Untuk layanan pinjam baca belum kami buka. Hanya saja kami sudah memulai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Semoga nantinya bisa berjalan aktif kembali seperti semula,” katanya. (Trisno Suhito-red17)

BERITA LAINNYA