Take a fresh look at your lifestyle.

Pembangunan Gedung DPRD Ditinjau Kembali

147

PEMALANG – Pembangunan gedung DPRD Kabupaten Pemalang di Jl Jenmdral Sudirman Gandulan, Kecamatan Taman, Pemalang ditinjau kembali oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR). Kabid Cipta Karya DPUTR Heri Firmantyo mengatakan ada beberapa konstruksi fondasi yang sudah dibangun butuh penyesuaian lantaran terpengaruh alam.

“Kami ke sana untuk mereview dan diketahui ada beberapa konstruksi yang butuh penyesuaian salah satunya besi-besi pada fondasinya,”kata Heri kemarin.

Menurut dia pembangunan gedung DPRD itu menggunakan sistem pembiayaan proyek tahun jamak. Pembangunan diawali dengan pematangan lahan. Kemudian tahun pertama proyek dilakukan pembangunan fondasi pada tahun 2018. Tahun 2019 pembangunan tahun kedua.

“Tahun kedua ini proses lelang yang sudah dilakukan ternyata gagal mendapatkan pemenang meskipun sebenarnya ada tiga perusahaan yang sudah lolos verifikasi awal, namun hingga proses akhir ada sejumlah persyaratan yang tidak dapat mereka penuhi sehingga gagal mendapatkan proyek tersebut,”kata Heri.

Namun demikian dia belum mau mundur dan lelang akan dilaksanakan kembali. Menurut Heri pembangunan gedung DPRD direncanakan terdiri atas tiga bangunan utama. Adapun pembiayaan dengan sistem tahun jamak menelan anggaran Rp 118 miliar selam atiga tahun.

Gedung DPRD ini berada di lahan seluas 2,5 hektar dan direncanakan salah satu dari tiga gedung yang dibangun adalah untuk ruang pertemuan. Kemudian gedung lainnya dibangun enam lantai dan dilengkapi dengan lift. Lainnya adalah fasilitas pendukung antara lain lapangan orasi, kantin, mushala dan ruang konferensi pers.

Aktivis LSM Andi Rustono menyambut baik pembangunan gedung DPRD yang dilengkapi dengan lapangan untuk orasi.”Mimbar aspirasi (lapangan orasi) jika tujuannya adalah untuk menyerap aspirasi baik berupa saran, kritik atau pun masukan, untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi DPRD oke lah,”kata Andi.

(Ali/red3)

BERITA LAINNYA