Take a fresh look at your lifestyle.

Pemasangan Guardrail Jalur Lio Tunggu Proses Lelang Selesai

155

BUMIAYU– Pemasangan fasilitas kelengkapan jalan berupa pagar pengaman jalan (guardrail) di jalur Salem-Banjarharjo tepatnya di Gunung Lio akan dilakukan setelah proses lelang selesai.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Tegal Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, Wahyutoro Soetarno usai berdialog dengan Paguyuban Kades dan Organisasi Masyarakat Salem di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes, Kamis (9/1).”Sudah dilakukan survei bersama terkait lokasi pemasangan guardrail. Pelaksanaannya setelah proses lelang selesai,” kata Wahyutoro.

Dijelaskan, pemasangan fasilitas kelengkapan jalan tersebut merupakan bentuk respon dan tindaklanjut dari tuntutan masyarakat Salem terhadap kerawanan lalu lintas pada jalur tersebut. Selain guardrail, juga akan dipasang delineator dan lampu PJU.

Berdasarkan survei bersama dengan Ketua KNKT Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, Dinas Psrhubungan dan paguyuban kades serta sejumlah elemen masyarakat Salem, pemasangan guardrail akan dilakukan di lima titik rawan jalur tersebut. Yakni tanjakan/turunan Panginuman, Saninten, Muncang, Simpur dan Kiara.”Mudah-mudahan nantinya bisa mengurangi kerawanan lalu lintas di Gunung Lio ini,” katanya.

Jalan Salem-Banjarharjo merupakan akses terpendek masyarakat Salem menuju Brebes. Jalan yang sempat putus akibat longsor pada 2017 ini juga menjadi lalu lintas warga Majenang Cilacap yang hendak ke Pantura atau sebaliknya.

Warga yang juga anggota Kodim 0713 Brebes Serka Wartono mengungkapkan, dari tahun 2018 hingga tahun 2019, sudah ada 13 korban meninggal dunia karena kecelakaan dalam hal ini kendaraan blong dan masuk ke jurang.”Rata rata kecelakaan menimpa pengendara sepeda motor matic,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, warga sudah memasang guardrail dari ban bekas di tanjakan turunan Panginuman, Saninten, Simpur, Muncang dan Kiara.”Kami mengapresiasi rencana bina marga dan semoga bisa cepat terlaksana sehingga kerawanan di jalur Lio ini bisa diminimalisasi,” ujarnya. (Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA