Take a fresh look at your lifestyle.

Pemalang Ditarget Penambahan Sapi hingga 1.000 ekor

108

PEMALANG – Kabupaten Pemalang ditarget ada penambahan sekitar 1.000 ekor sapi atau kerbau dari program nasional Kementerian Pertanian ‘Sapi Kerbau Andalan Negeri atau disebut Sikomandan. Target tersebut sebagai salah satu upaya untuk menenuhi target secara nasional yang mencapai tiga juta ekor anak sapi atau kerbau.

Kepala seksi Produksi Ternak, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Akhmad Helmi mengatakan, target tersebut secara nasional berjumlah tiga juta ekor. Namun untuk wilayah Jawa Tengah ditargetkan bisa mencapai 600 ribu ekor pertahun. Target tersebut hingga saat ini masih terus diupayakan dalam rangka memenuhi target yang sudah ditentukan. Khusus untuk Pemalang tahun lalu hanya tercapai sekitar 898 ekor, jumlah tersebut sudah cukup bagus. Namun untuk tahun 2020 diupayakan masih bisa mencapai target yaitu 1.000 ekor sapi atau kerbau. Berdasarkan perhitungan, kemampuan di Kabupaten Pemalang memang sekitar 1.000 ekor pertahun. Hal itu disebabkan akseptornya rata-rata hanya sekitar 1300 sehingga angkanya paling maksimal sekitar 900 ekor. Perkiraan tahun ini Insya Allah tercapai 900 ekor karna sampai dengan Juni sudah masuk 400an ekor.

“Sasaran program Sikomandan adalah intensifikasi kelahiran sapi dan kerbau, dimana yang tadinya perkawinan maupun kelahirannya secara alami. Sekarang ditarget, dan di Pemalang memang kemampuannya segitu, tidak bisa lebih,” tandas Helmi.

Ia mengatakan, untuk daerah kantong-kantong peternakan kerbau dan sapi di Pemalang, lanjutnya, yakni di wilayah Kecamatan Belik, Watukumpul, Randudongkal, Pulosari, Bantarbolang dan Bodeh. Sedangkan kecamatan disepanjang pantura ada tetapi sedikit dan biasanya untuk penggemukan saja. Berdasarkan data yang dimiliki dinas, jumlah terbanyak di Kecamatan Belik, yaitu sekitar 60 persen dari jumpah populasi yang ada. (Joko Widodo/Red_03)

BERITA LAINNYA