Take a fresh look at your lifestyle.

Pelantikan Rektor UPS Tegal Ditunda

- YPP Bantah Ada Masalah

216

TEGAL – Pelantikan Rektor UPS Tegal terpilih Prof Dr Fakhruddin MPd menjadi rektor definitif perguruan tinggi itu periode 2020-2024, yang semula dijadwalkan pada Sabtu (22/2), ternyata pelaksanaannya ditunda.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) rektor perguruan tinggi tersebut Dr Ahmad Hanfan SE MM dan Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Eddhie Praptono SH MH, saat dimintai konfirmasi, membenarkan penundaan pelantikan itu.

”Sesuai dengan rapat koordinasi dengan YPP, akhirnya seremonial waktu pelantikan ditunda. Tidak hari Sabtu (22/2), tapi terbaru sudah ditetapkan pada Senin (24/2). Rencananya tempat pelantikan di Auditorium Daryoen Seno Atmodjo,” terang Ahmad Hanfan, Kamis (20/2).

Menurut dia, sebenarnya dalam pelantikan tersebut yang ”punya gawe” atau tuan rumah yang mengundang adalah pihak yayasan. Demikian pula yang melantik nanti adalah Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH.

Dari informasi yang dihimpun, rencananya tamu yang diundang untuk acara itu, pejabat Forkopimda dari empat daerah di pantura barat.

Seperti dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang. Juga pimpinan perguruan tinggi di pantura barat, pengurus yayasan, pengusaha dan kolega lainnya. Termasuk Ketua LL Dikti VI Prof Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto Kons mendapat undangan.

Masih Umroh

Wakil Ketua YPP Dr Eddhie Praptono SH MH mengatakan, penundaan pelantikan tersebut semata hanya persoalan teknis.

Pihaknya membantah ada masalah yang membuat pelantikan yang semula sudah ditetapkan pada Sabtu besok ditunda menjadi Senin mendatang.

”Tidak ada masalah apa-apa. Tapi perlu diketahui, pejabat lama atau rektor lama Dr Burhan Eko Purwanto MHum, kan baru pulang umroh sesuai rencana pada Jumat (21/2). Habis pergi jauh, kan butuh istirahat. Jadi selain memberi waktu istirahat kepada rektor lama, juga menyesuaikan dengan hari kerja,” terang dia.

Terpisah Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum mengatakan, dirinya bersama keluarga memang tengah menjalankan ibadah umroh. Berangkat sejak Rabu (12/2), dan pulang ke tanah air sesuai rencana pada Jumat (21/2).

Dia yang masa jabatannya sebagai rektor perguruan tinggi itu habis pada Jumat (21/2), siap hadir pada pelantikan rektor, dan saat serah terima jabatan.

Bahkan selesai seremonial pelantikan, malam harinya akan digelar malah pisah sambut pejabat rektor lama dan baru di lokasi yang sama.

Perlu diketahui, mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Dr Fakhruddin MPd, akhirnya ditetapkan sebagai Rektor UPS Tegal terpilih, oleh Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), Senin (17/2).

Dia bakal menggantikan pejabat rektor lama perguruan tinggi itu, Dr Burhan Eko Purwanto MHum, yang akan habis masa jabatannya pada Jumat (21/2) tahun ini.

Wakil Ketua YPP Dr Eddhie Praptono SH MH didampingi Sekretaris Dr Taufiqullah SPd MHum mengatakan, penetapan rektor terpilih dilakukan setelah yayasan menerima rekomendasi dari Senat Universitas, yang diserahkan Panitia Pemilihan (Panlih) Rektor perguruan tinggi itu, pada Selasa (11/2).

”Hasil rekomendasi inilah kemudian digodok dalam rapat pleno yayasan. Rapat dipimpin langsung Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH, dihadiri seluruh pengurus yayasan, dewan pembina dan pengawas.

Rapat berlangsung mulai pukul 11.00 hingga pukul 12.00, Senin (17/2). Hasil Rapal Pleno YPP menetapkan Prof Dr Fakhruddin MPd, menjadi Rektor UPS Tegal Terpilih,” terang Eddhie Praptono.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA