Take a fresh look at your lifestyle.

Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Terima Hibah Barang

-Bank Indonesia Bantu Pembuatan Cerobong Asap

67

SLAWI, smpantura.com – Bupati Tegal Umi Azizah secara simbolis menyerahkan bantuan hibah barang kepada pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan di Kantor Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Rabu (22/9). Bantuan hibah tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi Pemerintah Kabupaten Tegal maupun Bank Indonesia.

“Penyaluran bantuan hibah baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi Pemerintah Kabupaten Tegal maupun Bank Indonesia ini transparan, terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak boleh ada pemotongan ataupun penyelewengan di dalamnya,”pesan Umi saat menyampaikan sambutan.

Bantuan hibah yang diberikan kepada pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan diantaranya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa Chest Freezer untuk empat kelompok pengolah dan pemasar ikan di Desa Dermasandi, Desa Jenggawur dan Desa Bedug di Kecamatan Pangkah.

Kemudian juga kepada Dinas KKP Provinsi Jateng yang memberikan bantuan solar untuk menunjang kegiatan operasional penangkapan ikan kepada 261 nelayan kecil di Kecamatan Kramat dan Kecamatan Suradadi serta bantuan apartemen ikan sejumlah 100 modul untuk kelompok masyarakat pengawas Pandan Jaya di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi. Kemudian dari Bank Indonesia berupa pembuatan cerobong asap untuk delapan kelompok pengolah dan pemasar ikan di Desa Dermasandi, Kecamatan Pangkah.

Sementara itu, bantuan dari APBD Kabupaten Tegal berupa pembuatan cerobong asap untuk dua kelompok pengolah dan pemasar ikan di Desa Dermasandi, Kecamatan Pangkah yang dikelola oleh DKPP Kabupaten Tegal, percontohan budidaya ikan lele di kolam terpal untuk empat kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Margasari, yaitu di Desa Kalisalak, Desa Prupuk Selatan, Desa Margasari, Desa Danareja juga untuk satu kelompok pembudidaya ikan Desa Dermasandi, Kecamatan Pangkah serta dua kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Tarub, yaitu di Desa Mindaka dan Desa Kesadikan dan dua kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Dukuhturi, yaitu di Desa Pengabean dan Desa Karanganyar. “Kami juga menyalurkan bantuan alat berat excavator untuk kelompok pembudidaya ikan Udang Mas di Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja,”tutur Umi.

Pemkab Tegal juga memberikan bantuan alat penunjang kegiatan usaha perikanan tangkap bagi nelayan kecil berupa 117 paket cooler box kapasitas 200 liter dan life jacket untuk nelayan kecil di Kecamatan Kramat dan 139 paket cooler box kapasitas 33 liter dan life jacket untuk nelayan kecil di Kecamatan Suradadi.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Dodi Nugraha menyampaikan, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia(PSBI) memberikan bantuan-bantuan sosial kepada Gapoktan Rukun Sejahtera senilai Rp 48 juta untuk pembuatan 8 unit cerobong asap dan tungku pengasapan ikan.

Dodi menuturkan, perikanan merupakan salah satu sektor ekonomi yang menjadi perhatian Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi, karena beberapa komoditas di sektor tersebut bersifat volatile sebagaipenyumbang utama inflasi.

“Kami harapkan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kualitas produk olahan ikan sekaligus mengurangi polusi yang ditimbulkan dari proses pengolahan ikan tersebut sehingga masyarakat sekitar tidak terganggu dengan asap yang ditimbulkan,” tutur Dodi.*

(T04-red)

BERITA LAINNYA