Take a fresh look at your lifestyle.

Pelajar SMKN 1 Slawi Juara Pertama PAC 2019

211

* Kompetisi Akunting Tingkat Jateng

TEGAL – Pelajar SMK Negeri 1 Slawi, Kabupaten Tegal, Diki Wahyudi, meraih Juara Pertama kompetisi kemahiran dan ketrampilan akunting tingkat Jateng, ”Polytechnic Accounting Competition (PAC) 2019”.
Kompetisi tahunan yang mengusung tema “Challenge and Improve Your Accounting Skills Now or Never”, digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, Aula Gedung C, Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal.
Sebanyak 45 pelajar SMK Se-Jateng, bersaing ketat di ajang tersebut. Antara lain, dengan melombakan kemahiran dan ketrampilan dalam bidang akunting. Khususnya dalam memproses entry jurnal, memposting buku jurnal, entry jurnal penyesuaian, neraca jalur, laporan keuangan dan mengolah nilai.
”Sambutan positif dari sejumlah pelajar SMK di Jateng sangat baik. Mereka ingin menjajal kemampuannya di bidang akunting dengan pelajar lainnya. Ini menunjukkan peningkatan kualitas antar SMK di Jateng yang kian baik. Terbukti persaingannya juga sangat ketat,” terang Ketua Program Studi D3 Politeknik Harapan Bersama Yeni Priatnasari SE MSi AK CA.
Untuk Juara Kedua, diraih Ayu Nur Pratiwi dari SMK YPE Sampang Cilacap, dan Juara Ketiga Ulya Nabila dari SMK Negeri 1 Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Para juara selain mendapatkan piala dan piagam, juga uang pembinaan dari perguruan tinggi vokasi tersebut.
Beri Semangat
Yeni Priatnasari menambahkan, kompetisi tahunan tersebut selain memberi semangat pelajar SMK di bidang akunting, juga perguruan tingginya ingin memberikan wadah yang lebih baik lagi untuk peningkatan kualitas keilmuan mereka. Termasuk peningkatan kemahiran dan ketrampilannya.
”Karena ada kompetisi seperti ini, tiap tahun, pelajar SMK di Jateng selalu mempersiapkan diri. Untuk persiapan, sudah barang tentu mereka belajar giat dan berlatih mempraktikkan bidang akuntingnya,” ucap dia.
Selain itu, lanjut dia, PAC 2019 juga sebagai sarana tolok ukur kemampuan dan meningkatkan kompetensi pelajar tingkat SMA maupun SMK, khususnya di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan, dan secara umum di Jateng.
Prodi D3 Akuntansi PHB Tegal, menurut dia, memberikan tempat dan kesempatan kepada para pelajar itu, untuk dapat menerapakan soft skill dan keahlian akademik dalam bidang akuntansi.
Wakil Direktur III perguruan tinggi itu, Umi Baroroh SSiT MKes menambahkan, melalui kegiatan tersebut, politekniknya berupaya untuk meningkatkan kesadaran para guru dan pelajar tentang pentingnya kompetensi terutama di bidang akuntansi. “Antusias sekolah-sekolah di Jateng mengikuti kompetisi PAC juga semakin meningkat. Ini terlihat dari peserta yang terus bertambah dari tahun ke tahun,” tandas Umi Baroroh.(Riyono Toepra/Red07)

BERITA LAINNYA