Take a fresh look at your lifestyle.

Pelajar Papua Merasa Aman Beraktivitas di Brebes dan Tegal

118

  * Senang Diajak Main Bola Dua Polres

TEGAL – Pelajar Papua yang menimba ilmu di Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, menyatakan merasa aman dan tak ada gangguan apa pun selama menjalankan aktivitasnya selama ini.
Mereka juga menyatakan, tak akan mudah terpancing maupun terprovokasi dengan hal-hal yang pernah menimbulkan kerusuhan beberapa waktu lalu. Karena mereka sudah cukup memahami persoalan yang sebenarnya terjadi.
Di sisi lain, upaya untuk terus meningkatkan silaturahim, persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya terhadap pelajar Bumi Cendrawasih itu, salah satunya dilakukan dua polres di Pantura Barat, dengan mengajak bermain sepakbola.
Pertandingan persahabatan gabungan personel polisi di Polres Brebes dan Polres Tegal Kota, melawan pelajar Papua yang tengah menimba ilmu di tiga daerah itu, digelar di Stadion Karangbiriahi, Kabupaten Brebes, Senin (2/9).
”Ini merupakan bentuk kepedulian, sekaligus menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan perdamaian bangsa. Juga untuk tetap menjaga keutuhan NKRI,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi MKes, didampingi Kapolres Brebes Aris Supriyono.
Dia menambahkan, jajaran kepolisian di Brebes dan Kota Tegal, tentu juga di seluruh tanah air, tidak ingin para pelajar Papua dan warga lainnya yang berada di seluruh daerah nusantara, mudah terprovokasi.
”Jadi anak-anak Papua baik di Tegal dan Brebes kita jaga. Mereka juga bisa beraktivitas seperti biasa dan dijamin keamanannya. Dalam skala luas, intinya kepolisian siap melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, siapa pun itu,” ucap dia.
Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono mengatakan, kegiatan sepakbola bersama pelajar asal Papua dilakukan melalui pendekatan silaturahim. Baik dari komunitas pelajar asal provinsi itu, yang sedang tugas belajar di wilayah Pantura Barat, Jateng, maupun warga lainnya.
Aman dan Nyaman
Menurut dia, pelajar maupun warga dari Bumi Cendrawasih tersebut, semua digandeng untuk meningkatkan silaturahim lewat kegiatan sepakbola bersama. ”Ini agar tercipta situasi aman dan nyaman. Sehingga mereka tak akan mudah terpancing konflik yang terjadi di Papua. Dengan begini mereka bisa sedikit melupakan kejadian di sana,” terang Kapolres Brebes.
Sementara itu, meski bersifat persahabatan untuk meningkatkan silaturahim, suasana pertandingan berlangsung seru. Bahkan pelajar provinsi itu yang menjadi suporter meningkahinya dengan bernyanyi bersama, dengan goyangan tarian khas a la Bumi Cendrawasih.
Tim pelajar Papua meski sudah bermain ngotot, dan mendapat dukungan banyak penonton, tapi belum mampu untuk menjebol gawang Tim personel Polri dari dua markas kepolisian itu.
Justru di pertandingan sore itu, tim pelajar asal Papua harus kebobolan satu gol. Bahkan hingga akhir pertandingan, skor tetap bertahan 1-0 untuk kemenangan tim aparat kepolisian. ”Ya meski hari ini kami kalah, tapi kami senang. Kami merasa aman dan nyaman dengan dukungan keamanan seperti ini. Persatuan dan kesatuan adalah nomor satu. NKRI harga mati,” ucap salah seorang pelajar provinsi itu, Febiola (15), dengan senyum khasnya.(Riyono Toepra/smpantura.com-red07))

BERITA LAINNYA