Take a fresh look at your lifestyle.

Pedagang Pasar Pagi Mulai Menerima Vaksin Dosis Pertama

81

TEGAL, smpantura.com – Ratusan pedagang Pasar Pagi Kota Tegal, menjalani vaksinasi tahap kedua dosis pertama di pintu masuk pasar setempat, Selasa (6/4) siang. Dari data yang telah dicatat, Dinas Kesehatan menargetkan proses vaksinasi mampu mencapai 1.226 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati mengungkapkan, vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan telah selesai dilakukan. Saat ini, pihaknya tengah berupaya merampungkan vaksinasi tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan, baik ASN, TNI Polri dan pasar.

Beberapa pasar tradisional di Kota Bahari, diakui Prima sebagian diantaranya telah selesai menjalani vaksinasi. Baik pedagang, pengelola pasar hingga petugas keamanannya.

“Kemarin, kita lakukan vaksinasi di Pasar Pagi meliputi Blok A, B dan C. Semula, kita rencanakan membuka layanan di tiga titik. Namun, melihat situasi dan kondisi sangat tidak memungkinkan, sehingga kita buat satu titik di depan pintu masuk,” pungkasnya.

Prima berharap, seluruh pedagang dapat tervaksinasi, sehingga herd immunity dapat tercapai. Proses vaksinasi juga dilakukan dengan jemput bola, agar jumlah sasaran dapat terpenuhi.

“Beberapa pasar, kemarin kita jemput bola dengan cara diangkut menggunakan ambulans. Tetapi ini tidak kita lakukan di Pasar Pagi, karena keterbatasan ambulans dan jumlah sasarannya jauh lebih banyak,” katanya.

Sementara Kepala Pasar Pagi Tegal Blok A, Maskuri mengatakan, jumlah keseluruhan pedagang mencapai 155 orang yang terdiri dari kios pakaian hingga konter peralatan rumah tangga. Jumlah tersebut, belum termasuk dengan para pekerja kios yang tidak tercantum dalam data pengelola.

Sedangkan Kepala Pasar Pagi Blok B dan C, Sumitro menyebut, mayoritas pedagang di dua tempat tersebut merupakan penjual komoditas kebutuhan sehari-hari. Baik pedagang buah, sayur, ayam, telur, beras hingga daging.

“Jika ditotal, ada kira-kira sekitar 800-an. Sejak kemarin sudah kita informasikan proses vaksinasi. Pagi-pagi juga kita umumkan kembali,” bebernya. (T03-red)

BERITA LAINNYA