Take a fresh look at your lifestyle.

PDAM Tirta Mulia Tiadakan Baca Meter

282

PEMALANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mulia Kabupaten Pemalang meniadakan kegiatan baca meter air pelangganya. Langkah ini ditempuh sebagai salah satu upaya pencegaran penyebaran virus korona yaitu mengurangi aktifitas di luar.

Penjabat Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Mulia, Muntoha mengatakan sebagai langkah nyata antisipasi penyebaran Covid-19, perusahaannya menempuh beberapa kebijakan antara lain meniadakan baca meter dan menerapkan perubahan jam kerja baru. Kebijaan itu bersifat sementara berlaku sampai dengan meredanya wabah Covid-19.

Didampingi Direktur Teknik Djulianto, Muntoha menambahkan saat ini jam kerja karyawan disesuaikan mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00, dari yang semula pukul 07.30 hingga 15.30. Akan tetapi untuk bidang tertentu seperti pelayanan pelanggan tidak berubah, bahkan khusus tim Unit Pelayanan Cepat (UPC) tetap disiagakan. Penyiagaan UPC ini agar sewaktu-waktu ada gangguan seperti kebocoran pipa air bisa cepat tertangani.

Kemudian untuk peniadaan pembacaan meter air pelanggan, sudah diputuskan akan diganti dengan kebijakan yaitu melalui mekanisme penghitungan rata-rata pemakaian air selama tiga bulan terakhir oleh pelanggan. Hasil dari perhitungan rata-rata ini untuk pembayaran air bulan April.

Dengan adanya kebijakan tersebut pelanggan tidak perlu khawatir akan terjadi lonjakan atau penurunan pembayaran langganan air sebab apabila dihitung rata-rata maka jatuhnya akan relatif sama dengan pembayaran-pembayaran sebelumnya. “Saat situasi normal maka akan dilakukan penghitungan manual secara keseluruhan sehingga akan diketahui secara riil berapa pemakaian air sebenarnya di rumah pelanggan,”ujarnya.

Sementara itu kebijakan lain berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 PDAM Tirta Mulia memberikan bantuan peralatan kepada Satuan Gugus Kerja Covid-19 Kabupaten Pemalang. Bantuan berupa alat penyemprot disinfektan dan alat pengaman diri.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA