Take a fresh look at your lifestyle.

PAUD Gratis di Pojok Terminal Disambut Antusiasme Warga

155

TEGAL – Layanan pendidikan gratis bagi Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak (PAUD-TK) di Terminal Bus Kota Tegal disambut antusiasme para pedagang di terminal saat mengantar anak-anaknya belajar di hari pertama, Kamis (18/7).

Sambil mencari nafkah, mereka bisa menitipkan anaknya untuk mengenyam pendidikan gratis yang dibuka setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Sakila Kerti.

“Senang bisa mengurangi beban. Anak saya bersekolah, dan saya juga sambil berjualan,” kata Warnah (40) penjual kerupuk bawang yang menawarkan dagangannya dengan naik turun bus, sesaat mengantar anaknya, Kamis (18/7).

Senada disampaikan Nurhikmah, yang sehari-hari menjadi penjaga parkir kendaraan dan WC umum. Keberadaan PAUD gratis di terminal dirasanya sangat membantu. “Senang, dekat. Ada sekolah gratis dekat dengan tempat kerja,” ungkapnya.

Tenaga pengajar atau relawan pendidikan, Ade dan Nani mengungkapkan, saat ini setidaknya sudah ada 31 siswa PAUD sejak dibuka Senin (15/7) oleh istri Wali Kota Roro Kusnabila Dedy Yon. Rata-rata, mereka adalah anak usia 3-6 tahun dari pedagang kecil di terminal.

Pengelola PKBM Sakila Kerti Yusqon sebelumnya mengatakan, awalnya TBM Sakila Kerti hanya melayani warga dan awak bus setempat yang ingin membaca buku dan belajar mengaji.

Seiring berjalanya waktu, TBM yang sudah ia dirikan sejak 2012 lalu terus berkembang dalam memberikan pembelajaran. Hingga dibuka Kejar Paket A, B, dan Paket C namun cenderung bagi orang dewasa yang semuanya gratis.

“Sesuai arahan dari Dirjen PAUD dan Dikmas, Bapak Harris Iskandar yang berkunjung Oktober 2018 lalu, beliau mengharapkan pembelajaran tidak hanya kepada orang tua saja, namun juga anak-anak. Maka didirikanlah PAUD gratis ini,” terang Yusqon.

(setiadi/ red3)

BERITA LAINNYA