Take a fresh look at your lifestyle.

Patroli PPKM Mikro, TNI Jaga Samsat Keliling

37

KRAMAT – Prajurit TNI Koramil Kramat Kodim 0712/ Tegal menjaga Samsat keliling di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Kamis (4/3). Penjagaan itu dilakukan sebagai upaya penegakan protokol kesehatan (prokes) pandemi Covid-19.

 

“Kami jaga disini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kami mengimbau warga untuk menerapkan prokes atau 5 M,” kata Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, melalui Komandan Koramil 06/Kramat Kapten CZI Suharto.

 

Dia menjelaskan, 5 M itu yakni, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi. Saat melakukan penerapan prokes itu, anggota Koramil juga dibantu anggota Polsek, tenaga medis, dan Satpol PP. Mereka juga memberikan sosialisasi tentang bahayanya Covid-19. Karena itu, warga harus tetap patuh terhadap aturan pemerintah.

 

“Apabila ada yang tidak menerapkan prokes, langsung kami tegur,” ujarnya.

 

Dia menyatakan, patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro ini tidak hanya dilakukan di tempat tersebut. Pihaknya selalu keliling ke sejumlah lokasi yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya masyarakat. Mulai dari pasar tradisional, modern hingga ke kafe dan tempat wisata di Pantai Larangan, Munjungagung, Kramat.

 

“Kami sering mendapati warga yang tidak pakai masker. Mereka langsung kami tegur dan diberi masker,” ujarnya.

 

Dirinya tak menampik, di wilayahnya memang masih ada warga yang belum bisa menerapkan prokes secara maksimal. Namun demikian, pihaknya selalu menegurnya dan memberikan sosialisasi agar mereka patuh menerapkan prokes.

 

“Kalau ditegur tidak mempan, terpaksa mereka kami hukum sosial. Misal, push up, menyapu jalan atau menyanyikan lagu nasional,” imbuhnya.

BERITA LAINNYA