Take a fresh look at your lifestyle.

Passing Grade PPPK Bagi Guru SD dan SMP Minta Diturunkan

256

SLAWI, smpantura.com – Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tegal, M Khuzaeni meminta kepada Bupati Tegal agar mengirimkan surat permohonan penurunan passing grade bagi peserta seleksi PPPK untuk guru kelas SD dan SMP. Hal itu dikarenakan banyak peserta guru SD dan SMP yang tidak lolos seleksi tersebut.

“Kita berharap Pemkab dalam hal ini Bupati atau Dikbud bila perlu bersama DPRD agar supaya bisa membuat surat permohonan agar passing grade guru kelas SD dan SMP bisa diturunkan,” kata M Khuzaeni yang akrab disapa Jeni, Selasa (21/9).

Dikatakan, banyak peserta seleksi PPPK tahun ini yang tidak lolos. Hal itu dinilai kerugian bagi Pemkab Tegal karena kekurangan pegawai akan terus bertambah. Terlebih, jumlah pegawai yang pensiun cukup banyak. Kondisi itu harus disikapi Pemkab dengan mengajukan surat permohonan ke Kemendikbud untuk penurunan passing grade.

“Kalau tidak menurunkan passing grade bisa juga dengan cara menaikan nilai afirmasi bagi yang berusia di atas 35 tahun,” ujarnya.

Ia mencontohkan, nilai afirmasi umur di atas 35 tahun dari 75 persen, bisa dinaikan menjadi 100-150 persen. Dengan kenaikan nilai afirmasi, diharapkan para peserta seleksi bisa lolos. Pasalnya, informasi dari peserta seleksi banyak yang gagal di tes teknik. Mereka menilai soal-soalnya sulit.

“Quota guru PPPK Kabupaten Tegal berkisaran 1.000 orang dengan pasing grade teknik 320 point sepertinya tidak terpenuhi. Padahal, peserta dengan usia di atas 35 tahun sudah mendapatkan tambahan nilai 75,” beber Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal itu. (T05-red)

BERITA LAINNYA