Take a fresh look at your lifestyle.

Paska Banjir, Banyak Warga Menderita Kutu Air

119
  • Gereja Santo Petrus Gelar Pengobatan Gratis

PEKALONGAN – Warga terdampak banjir yang berada di Kelurahan Pasirsari Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan, banyak yang menderita kutu air. Itu lantaran, meski kondisi banjir sudah mulai surut, tetapi kondisi perkampungannya sebagian masih tergenang air, sehingga rentan terjangkit penyakit tersebut. Hal itu diketahui dalam bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis yang digelar Gereja Santo Petrus Pekalongan bersama berbagai komunitas yang dipusatkan di SD Pasirsari 2, Jumat (6/3). “Dari ratusan pasien yang mengikuti pemeriksaan, mayoritas keluhannya terkait kutu air, disamping batuk pilek,” ujar Ny Trimah, salah satu anggota tim medis dalam pengobatan gratis tersebut. Dalam kegiatan tersebut, warga menyambut antusias.

Sementara, Romo Martinus Ngarlan, Pastur Gereja Santo Petrus Pekalongan menjelaskan, kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan bakti sosial sebagai bentuk kepedulian saudara-saudara kita yang terdampak banjir. Dikatakan, sebelumnya juga telah dibagikan sembako berupa beras ratusan kilogram, sejumlah mie instan. Untuk teknis pembagiannya sendiri, melibatkan berbagai komunitas, seperti Komunitas Sapu Lidi Pekalongan, PMII, Komunitas OI (Iwan Fals-red), dengan menyasak langsung ke perkampungan warga. “Kami targetkan 250 pasien yang mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis. Mudah-mudahan manfaatnya dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita,” tutur Romo Ngarlan.

Pihaknya menambahkan, dalam bakti sosial sendiri menerjunkan enam orang dokter, empat perawat dan apoteker. Suksesnya bakti sosial, juga didukung berbagai pihak yang mensuport snak, air mineral dan lain sebagainya. Disamping bakti sosial di Kelurahan Pasirsari, dalam waktu dekat juga akan disalurkan bantuan sembako sekitar 20 kepala keluarga (KK) di Desa Karangjompo Tirto Kabupaten Pekalongan. Termasuk, pengobatan yang sama akan digelar di Desa Pecakaran Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. “Rencana besok, sembako dimaksud kita salurkan. Jadi kita ada tiga titik kegiatan bakti sosial,” imbuhnya. Pihaknya mengapresiasi pihak sekolah yang telah welcome terhadap kegiatan tersebut, sehingga pelaksanaan dapat berlangsung lancar. (Kuswandi/Red9)

BERITA LAINNYA