Take a fresh look at your lifestyle.

Pasien Kejiwaan Didominasi Remaja Putus Cinta

121

PEMALANG – Pasien penderita gangguan kejiwaan yang berobat ke Puskesmas Randudongkal didominasi oleh remaja. Kepala Puskesmas Randudongkal Mustofa menjelaskan remaja-remaja yang menderita gangguan kejiawaan itu sebagian besar lantaran putus cinta.

“Di Puskesmas Randudongkal ini layanan pengobatan gangguan jiwa kami buka dua pekan sekali, untuk setiap buka layanan terdapat sekitar 70 pasien,”kata Mustofa saat menerima kunjungan Direktur Perencanaan, Pengembangan, dan Menejemen Risiko, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Mundiharno belum lama ini.

Sementara penyebab gangguan kejiwaan lantaran putus cinta kata dia adalah masalah yang kompleks untuk para remaja. Karena itu di Puskesmas Randudongkal lanjut dia selain melayani pengobatan penyakit jiwa juga melayani konsultasi kejiwaan.

“Selain pengobatan penyakit gangguan kejiwaan kami juga membuka layanan konseling untuk mengetahui kondisi kejiwaan pasien,”ujarnya.

Menurut Mustofa jika pasien yang mengalami putus cinta sudah meresahkan atau melakukan perbuatan yang mengganggu masyarakat maka sebaiknya langsung diantar ke rumah sakit. Tindakan meresahkan tersebut salah satunya ingin membakar rumah.

Kemudian dalam melayani pengobatan penyakit gangguan kejiwaan, selain mengetahui penyebabnya lantaran putusa cinta juga ada sebab lain meskipun kecil. Antara lain pertengkaran kedua orang tuanya dan gagal dalam bisnis.

“Untuk melayani pengobatan pasien terlebih dahulu kami melakukan pemeriksaan melalui konseling, itu dilakukan untuk menyimpulkan pasien tersebut mengalami gangguan jiwa atau hanya stres,”bebernya.

(Ali/red77)

BERITA LAINNYA