Take a fresh look at your lifestyle.

Paripurna Penetapan Raperda BPD Brebes Ditunda, Kenapa?

195

BREBES, smpantura.com – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Brebes dengan agenda penetapan Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pemandangan umum fraksi terhadap LKPj Bupati Brebes tahun anggaran 2020, Selasa (30/3), terpaksa ditunda. Penundaan dilakukan karena Bupati Brebes, Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes, Narjo tidak bisa hadir sesuai waktu yang dijadwalkan karena sedang tugas di luar kota.

Bupati Brebes diketahui sedang melaksanakan tugas luar kota di Kabupaten Kuningan. Sedangkan Wakil Bupati Brebes, Narjo sedang menghadiri kegiatan Ngasah di Jalawastu, Kecamatan Ketanggungan.

Sesuai jadwal undangan, rapat paripurna DPRD Brebes ini, dilaksanakan mulai pukul 10.00. Selain penetapan Raperda dan penyampaian pemandangan umum fraksi terkait LKPj Bupati, dalam rapat paripurna itu juga akan dilaksanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) LKPj Bupati. Akibat ditundanya rapat paripurna DPRD itu, membuat para wakil rakyat yang sudah hadir kecewa. Apalagi pemberitahuan penundaan disampaikan mendadak. Bahkan tidak sedikit anggota DPRD yang terpaksa pulang atau keluar gedung DPRD karena sudah menunggu terlalu lama.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes, Wurja saat dikonfirmasi membenarkan atas penundaan rapat paripurna tersebut. Sesuai jadwal, rapat paripurna yang semua akan dilaksanakan mulai pukul 10.00, ditunda hingga pukul 14.00. Itu dilakukan karena baik Bupati maupun Wakil Bupati tidak bisa hadir sesuai jadwal yang ditetapkan karena ada kegiatan di luar Kota Brebes.

“Informasi yang kami terima, Bupati ada kegiatan di Kuningan. Apa kegiatannya, saya tidak tahu pasti. Sedangkan Wakil Bupati, sedang menghadiri acara adat Ngasah di Jalawastu, Ketanggungan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sesuai tata tertib DPRD dalam rapat paripurna ini wajib dihadiri Bupati dan Wakil Bupati. Itu karena salah satu agendanya menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap LKPj Bupati tahun 2020 yang telah disampaikan. “Salah satu agendanya kan penyampaian pandangan umum fraksi atas LKPj Bupati, tentunya Bupati harus hadir dalam kegiatan, ” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes, Tatag Koes Adianto saat dikonfirmasi mengatakan, Bupati tengah melaksanakan tugas kedinasan di Kuningan, berkaitan dengan rencana pembangunan kebun raya di Maribaya, Kalinusu, Bumiayu. Leading sektornya adalah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Namun demikian, saat ini Bupati sedang meluncur kembali ke Brebes, untuk menghadiri rapat paripurna DPRD. “Ibu Bupati saat ini dalam perjalanan pulang ke Brebes, kerena pukul 14.00 akan hadir dalam paripurna DPRD,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA