Take a fresh look at your lifestyle.

Panwascam dan Pengawas Desa Diberhentikan Sementara

185

PEMALANG – Sebanyak 42 orang Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dan 222 pengawas desa/ kelurahan di Kabupaten Pemalang dihentikan sementara. Hal itu disebabkan adanya penundaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di seluruh Indonesia akibat pendemik virus Covid-19.

“Berdasarkann Surat Keputusan (SK) semua Panwascam dan Pengawas desa/kelurahan mulai tgl 31 Maret mereka diberhentikan sementara. Artinya sejak tanggal 1 April (hari ini) mereka tidak perlu melaksanakan pengawasan terhadap tahapan Pilkada di Pemalang, sebab tahapan secara nasional ditunda,” ujar Ketua Bawasku Pemalang, Hery Setyawan, kemarin.

Dia mengatakan, adanya pendemik virus Covid-19 berdampak pada berbagai hal, salah satunya terhadap penundaan tahapan Pilkada. Dengan adanya penundaan secara nasional otomatis berdampak pada pelaksanaan Pilkada di Pemalang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang menonaktifkan sementara masa tugas pengawas kecamatan atau panwascam dan pengawas desa. Ada 42 Panwascam yang tersebar di 14 kecamatan, dan ada 222 pengawas desa atau kelurahan di Pemalang. Selain Panwascam, para pegawai honorer di tingkat kecamatan yang berjumlah sekitar enam orang dimasing masing kecamatan juga diberhentikan sementara. Dengan adanya pemberhentian tersebut, otomatis pengawasan Pilbup di Pemalang berhenti. Penonaktifan jajaran adhoc itu sudah sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0252/K/BAWASLU/PM.00.00/03/2020 Tentang Pengawasan Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Namun untuk tingkat kabupaten, yaitu Bawaslu Pemalang tetap bekerja baik komisioner maupun para stafnya.

“Selain komisioner, pemberhentian sementara juga berlaku untuk semua staf adminitrasi Panwascam. Proses pengawasan tahapan Pilkada secara umum khususunya ditingkat kecamatan ke bahwah dihentikan, sesuai instruksi dari Bawaslu RI,” tandasnya. (H77/Red_03)

BERITA LAINNYA