Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Syukuran Proyek Jembatan Plompong Kelar Dibangun

BREBES, smpantura.com – Puluhan warga di Desa Kaliloka dan Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, mendadak berkumpul di sekitar Jembatan Plompong, yang menghubungkan kedua desa ini, Sabtu (22/1/2022). Mereka berdatangan untuk menggelar keduri, sebagai rasa syukur atas selesainya proyek Jembatan Plompong tersebut.

Warga di kedua desa tersebut sangat berharap pembangunan jembatan di atas Sungai Keruh ini bisa selesai. Sebab, akses mereka selama ini terhambat akibat jembatan putus diterjang banjir, dan hanya memakai jembatan sementara. Selain menjadi penghubung kedua desa ini, Jembatan Plompong juga menghubungkan wilayah Kecamatan Sirampog, dengan Kecamatan Paguyangan.

Pembangunan Jembatan Plompong sepanjang 80 meter itu, menelan anggaran APBD tahun 2021 melalui Bantuan Gubernur senilai Ro 11 miliar. Pekerjaannya dilaksanakan PT. Cipta Adhi Guna. Warga melaksanakan syukuran secara spontan, karena harapan jembatan bisa terhubung secara permanen dapat terealisasi.

Kepala Desa (Kades) Kaliloka, Nanang Hakim menurutkan, masyarakat di desanya merasa bersyukur dengan selesainya pembangunan jembatan tersebut. “Wajar, masyarakat kami menyambut antusias selesainya jembatan dengan menggelar syukuran. Ini karena warga sudah menanti jembatan penghubung sebagai akses menuju ke Bumiayu maupun ke kota lainnya. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Brebes yang sudah membangunnya,” ujar dia.

Nanang berharap, pihak PSDA dan Taru Provinsi Jawa Tengah, juga bisa membangun bronjong di sekitar jembatan. Itu dilakukan sebagai upaya pencegahan, agar saat banjir jembatan tidak langsung diterjang derasnya arus.

“Selanjutnya agar jembatan ini bertahan, kontruksi bronjong harus dibangun disekitar jembatan ini. Paling tidak bisa mencegah terjadinya longsor,” pungkas. (T07-red)

BERITA LAINNYA