Take a fresh look at your lifestyle.

Viral Video “Wayang Dimusnahkan”, Ini Sikap Ki Haryo Enthus Susmono

TEGAL, smpantura.com – Ki Dalang Haryo Enthus Susmono angkat bicara terkait viralnya video ceramah ustadz Khalid Basalamah di media sosial, yang menyatakan bahwa wayang itu haram dan lebih baik dimusnahkan.

Dalang muda putra Ki Enthus Susmono ini menilai, dalam menyikapi persoalan itu, tidak hanya penyelesaian lewat jalur hukum semata, tetapi juga ada diskusi agama. Mungkin Majelis Ulama Indonesia bisa menengahi, dan mengundang organisasi NU, Muhammadiyah serta organisasi masyarakat lainnya, untuk duduk bersama. Hal ini paling tidak untuk mencegah terjadinya konflik.

“Jadi tidak hanya ranah hukum saja, tetapi tabayun itu juga sangat penting. Melalui tabayun ini, kita bisa tahu sudut pandangnya Ustadz Khalid Basalamah itu seperti apa. Kemudian, ketika Ustadz Khalik Basalamah mengeluarkan dalil, yang bisa mendebat atau mendiskusikan ini juga ahli ulama yang punya dalil dengan versi membolehkan wayang,” ungkapnya, Senin malam (14/2/2022).

Dia mengatakan, semua sudut pandang para ulama tetang wayang ini, perlu dibuka kepada publik. Sehingga publik juga tahu masing-masing sudut pandang dari pala ulama tersebut. “Ustadz Khalid Basalamah keilmuan Islamnya juga bagus, tetapi dengan statmen ini banyak yang tidak suka. Makanya, perlu tabayun, diskusi dan penguatan-penguatan kaidah keilmuan Islam, supaya masyarakat pun tahu sudut pandang masing-masing pendapat,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi terhadap langkah Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya yang akan melaporkan ustadz Khalid Basalamah terkait pernyataannya bahwa wayang itu haram dan yang punya itu kalau bisa dimusnahkan. Isu itu sebetulnya sudah lama dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak setuju dengan adanya wayang. “Saya mengapresiasi betul langkah Pepadi Banyumas ini. Mungkin pelaporan seperti ini juga perlu, karena sudah dihembuskan lama tetapi belum ada laporan resmi,” pungkasnya.

Seperti yang dirilis www.antaranews.com, video ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang viral di media sosial dan dipermasalahkan oleh Pepadi Wilayah Banyumas Raya. Video itu berisi pembahasan atas pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang jamaah mengenai wayang dari sudut pandang Islam, termasuk tobat yang dilakukan oleh dalang.

Dalam pembahasan tersebut, Ustadz Khalid Basalamah mengatakan wayang merupakan peninggalan nenek moyang yang bisa dikenang sebagai tradisi orang dulu, tetapi bukan berarti harus dilakukan karena dalam Islam dilarang, sehingga harusnya ditinggalkan.

“Kalau masalah tobat, ya tobat Nasuha, dan kalau dia punya (wayang) lebih baik dimusnahkan, dalam arti kata dihilangkan,” kata ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya. (T01/T07-red)

BERITA LAINNYA