Take a fresh look at your lifestyle.

Veteran Minta Pendidikan Anak dan Cucu Diperhatikan

SLAWI , smpantura.com– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Jateng berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan anak dan cucu para veteran. Veteran minta anak dan cucunya bisa gratis sekolah hingga Strata 1 (S1) hingga Strata 2 (S2).

“Kami berharap agar anak dan cucu veteran bisa sekolah gratis atau subsidi pendidikan,” kata Sekretaris DPD LVRI Jateng, Drs Rofi Su’ud saat menghadiri acara Pengkuhan Pengurus LVRI Kabupaten Tegal/ Kota Tegal periode 2022-2027 di Kantor LVRI Kabupaten Tegal/ Kota Tegal, Kamis (23/6).

Dikatakan, tidak hanya program pendidikan bagi anak dan cucu veteran, tapi juga pembayaran BPJS. Saat ini, BPJS hanya ditanggung pemerintah 75 persen. Sedangkan untuk pembayaran PBB semua ditanggung pemerintah.

“Jangan sampai Veteran seperti Ibu Kartini, yakni Harum Namanya,” ujarnya.

Menurut dia, semangat 45 harus terus ditanamkan kepada generasi muda, karena hal itu semakin pudar di era sekarang ini. Harusnya semangat itu bisa menjadikan generasi muda tumbuh rasa tanpa pamrih, nasionalisme dan kebersamaan.

“Jangan sampai minta jabatan. Zaman dulu tidak ada, yang penting merdeka,” katanya.

Ketua DPC LVRI Kabupaten/ Kota Tegal, Mayor Purn TNI Sugiono menuturkan, dalam periode kali ini pihaknya fokus terhadap tunjangan veteran yang belum menerima. Saat ini, tunjangan veteran yang sudah dapat juga hanya separuh dengan alasan karena sudah dapat gaji pensiunan. Padahal, gaji itu merupakan hak setiap pensiunan, sehingga tunjangan veteran harusnya diterima penuh.

“Tunjangan veteran akan kami perjuangkan dalam kongrea nanti,” ujarnya.

Ditambahkan, pemerintah daerah selama periode kepemimpinan ini belum pernah memberikan dana hibah kepada LVRI Kabupaten Tegal. Padahal, periode sebelummya selalu mendapatkan bantuan hibah. Terakhir, LVRI Kabupaten Tegal mendapatkan dana hibah Rp 100 juta.

“Tiap tahun, kami selalu mengajukan. Walaupun tidak dapat bantuan, tapi tidak apa-apa,” pungkasnya. (T05-Red)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA