Take a fresh look at your lifestyle.

Tuntut Permudah Perizinan Melaut, Eks-Nelayan Cantrang Blokir Jalingkut

TEGAL, smpantura.com – Ratusan eks-nelayan cantrang Kota Tegal, memblokir Jalur Lingkar Utara (Jalingkut), Rabu (19/1) siang. Mereka menuntut pemerintah mempercepat proses perizinan melaut bagi eks-nelayan cantrang yang beralih menggunakan alat tangkap jaring tarik berkantong.

Sebelumnya, para nelayan terlebih dulu menggeruduk Kantor Wilayah Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tegal, di Jalan Blanak, yang tak jauh dari Jalingkut.

Aksi itu merupakan buntut pemulangan ratusan nelayan cantrang yang baru saja melaut, menyusul dikeluarkannya surat perintah Direktur Kapal Pengawas PSDKP.

Dimana dalam surat perintah tersebut menyampaikan, seluruh kapal cantrang yang saat ini masih beroperasi menggunakan alat tangkap cantrang (dilarang-red) diminta untuk putar balik kembali ke pelabuhan masing-masing.

Akan ada sanksi hukum dari Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) sesuai undang-undang, bagi kapal cantrang yang masih melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal tanpa membawa perizinan.

Selama kurang lebih 10 menit memblokir Jalingkut, para nelayan akhirnya membubarkan diri dengan didampingi aparat TNI Polri.

Sementara itu, diketahui tim dari PSDKP akan menuju ke Kota Bahari, untuk melakukan pengecekan fisik yang menjadi pra syarat izin melaut untuk alat tangkap jaring tarik berkantong. (T03-red)

BERITA LAINNYA