Take a fresh look at your lifestyle.

Warga RT 01 Debong Kulon Tolak Rencana Pembuatan TPU

TEGAL, smpantura.com – Seratusan warga RT 01/ RW 04, Kelurahan Debong Kulon, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, menolak rencana pembuatan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah setempat.

Penolakan itu tertuang dalam Surat Pernyataan yang dibuat oleh warga di sekitar Jalan KH Ishak, lingkungan RT 01/ RW 04, Kelurahan Debong Kulon-Keturen Kompleks Poltekes atau Akademi Keperawatan (Akper).

Surat yang dibuat pada 17 Februari 2022 dengan tanda tangan Ketua RT 01/ RW 04 Jaerum, telah mendapat persetujuan oleh 100 warga lainnya.

Pada inti surat yang berisi dua bendel itu disebut, warga menerima. Akan tetapi warga RT 01/ RW 04 dan sekitarnya tidak berkenan (menolak) apabila pembuatan TPU berada di Tanah Eks Bengkok Kelurahan Debong Kulon, tepatnya di sebelah barat Poltekes (Akper).

Warga beralasan, di sekitar lokasi tersebut sudah dipadati rumah-rumah warga yang menghadap ke Tanah Eks Bengkok Kelurahan Debong Kulon. Bahkan, tanah yang digadang-gadang bakalm dijadikan TPU itu masih aktif dimanfaatkan untuk lahan pertanian.

Di sebelah barat lokasi yang direncanakan dibuat TPU, sudah terdapat makam yang sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat, bukan oleh keluarga sebagaimana yang disampaikan oleh salah seorang warga (Cek ke Tokoh Masyarakat Kelurahan Keturen).

Menurut warga, masih bisa dicarikan solusi lahan lain untuk dijadikan TPU dengan memanfaatkan lahan bengkok milik kelurahan setempat, yang memang sudah pernah diusulkan warga melalui kelurahan.

Pada penutupan surat, tertera ditembuskan kepada Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, KH Habib Ali Zaenal Abidin, Camat Tegal Selatan, Lurah Debong Kulon dan arsip. (T03-red)

BERITA LAINNYA