Take a fresh look at your lifestyle.

Paskibraka Tegal Dibekali Pelatihan Gizi dari Prodi D3 Kebidanan Poltek Harber

TEGAL, smpantura.com – Sedikitnya 30 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Tegal mendapat pelatihan pengingkatan pengetahuan dan keterampilan gizi yang diselenggarakan Prodi D3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) belum lama ini.

Dosen Prodi D3 Kebidanan, Ulfatul Latifah menuturkan, masalah gizi pada remaja merupakan langkah awal dan penting untuk mendapatkan suatu generasi emas.

Ulfa juga menyampaikan tentang Triple Burden Mallnutrition yang meliputi masalah gizi berupa kekurangan gizi, kelebihan berat badan serta kekurangan zat gizi mikro dengan anemia.

“Remaja kita memiliki beban masalah gizi, selain anemia pada remaja putri. Kemudian KEK atau kurang energi kronik, juga obesitas. Tiga hal ini sama-sama tidak menguntungkan untuk generasi emas kita, karena (kelak) ini akan menghasilkan bayi-bayi (keturunan) yang bermasalah,” katanya.

Sementara, Dosen D3 Kebidanan lainnya, Seventina Nurul Hidayah menjelaskan susunan isi piring yang benar dalam satu kali makan sesuai dengan gizi seimbang.

“Makanan pokok dan sayuran sebanyak dua per tiga dari setengah piring, lauk pauk dan buah-buahan sepertiga dari setengah piring,” jelasnya.

Selain itu, Seventina juga menerangkan pentingnya mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari, beraktivitas fisik 30 menit dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan memakai sabun pada air yang mengalir.

Dosen D3 Kebidanan, Umi Baroroh membeberkan hasil para peserta dapat menyusun menu isi piringku sesuai dengan gizi seimbang secara baik dan benar.

Selain itu, turut dilakukan post test, dimana 30 peserta (100%) mendapatkan pengetahuan baik tentang Triple Burden Mallnutrition dan gizi seimbang isi piringku.

“Semoga para peserta dapat mengingatkan teman-temannya di Paskibraka tentang pola makan dan menu makan yang belum sesuai dengan gizi seimbang. Mereka juga dapat memantau teman-temannya yang mengalami gejala anemia,” tutup Umi. (T03-red)

BERITA LAINNYA