Take a fresh look at your lifestyle.

Tanggul Pemali Rembes, Banjir Genangi Pemukiman Warga di Brebes

BREBES, smpantura.com – Banjir menggenangi pemukiman warga di Desa Lengkong, Kecamatan Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu pagi (13/2/2022). Banjir terjadi akibat tanggul Sungai Pemali rembes, menyusul debit air sungai ini meluap.

Selain jalan desa dan kebun warga, banjir juga merendam sejumlah rumah. Sedikitnya ada 11 rumah warga di Desa Lengkong yang terendam. Tak hanya itu, banjir ini juga merendam jalan utama Brebes – Jatibarang, tepatnya di ruas Desa Terlanggu, Kecamatan Brebes.

“Air masuk sejak pukul 03.00. Tadi saya keliling, ada 12 rumah yang terendam. Air sudah masuk ke rumah, yang lain baru halaman rumah terendam,” ujar Tarjono, warga setempat.

Menurut dia, banjir ini berasal dari air rembesan Sungai Pemali yang saat ini debitnya naik. Air masuk ke pemukiman warga melalui celah-celah tanggul sungai dan saluran buangan kampung. “Air ini dari rembesan tanggul. Kalau Sungai Pemali meluap, tanggul rembes dan airnya masuk ke pemukiman warga,” terangnya, yang juga Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Brebes ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, banjir ini setiap tahun terjadi di wilayahnya, terutama saat musim hujan. Warga berharap tanggul Sungai Pemali diperbaiki agar tidak rembes. “Sudah jadi langganan, setiap tahun ya banjir kaya begini. Kami berharap tanggulnya diperbaiki,” pungkasnya.

Berikut data rumah warga yang terendam banjir :

RT 02/ RW 04 : 1.) Kusnodo 2.) Debi.

RT 05/ RW 04 : 1.) Wiro 2.) Ranto 3.) Yono 4.) Sukwadi 5.) Sohidin/roisah 6.Udin/Sridadi.

RT 05/ RW 03 : 1.) Susanto. 2.) Suka 3.) Sumiyati 4.) Saliri.

(T07-red)

BERITA LAINNYA