Take a fresh look at your lifestyle.

Tanah Bergerak Juga Terjadi di Padasari, 151 Rumah Rusak

JATINEGARA, smpantura.com – Bencana tanah bergerak di Kabupaten Tegal tidak hanya terjadi di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Bencana itu juga melanda Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara sejak 15 Januari 2022. Bahkan, kerusakan akibat tanah bergerak di desa tersebut mencapai 151 rumah.

Kepala Desa Padasari Mashuri mengatakan, bencana tanah bergerak dan longsor melanda wilayahnya sejak awal tahun, dimana intensitas hujan terus tinggi hingga saat ini. Setiap turun hujan lebat, tanah di wilayahnya terus bergerak dan kerusakan rumah warga juga semakin banyak.

“Data pada Sabtu (13/2), rumah rusak mencapai 138 rumah. Hingga hari ini, kami masih mendata. Baru ada yang terdata penambahan sekitar 13 rumah. Jadi jumlah keseluruhan ada 151 rumah rusak,” ungkapnya saat menerima bantuan dari Aliansi Mayarakat Peduli Korban Bencana Kabupaten Tegal, Senin (14/2).

Selain rumah yang rusak, kata dia, gedung SMP Maarif NU Padasari dan Pondok Pesantren Al Adalah juga sebagian terkena dampaknya. Mengalami kerusakan di sejumlah titik. Karena itu, pihaknya berharap ada perhatian dan bantuan dari semua pihak. Termasuk dari pemerintah. Sebab, hingga kini warga yang terdampak masih mengungsi di rumah saudara-saudaranya. ”Kerusakan rumah itu ada di RT 06 sampai RT 18 RW 02, 03, dan 03,” ungkapnya.

Dirinya berterima kasih kepada semua yang telah membantu. Termasuk kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT), dan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kabupaten Tegal yang tergabung dalam Alinasi Masyarakat Peduli Korban Bencana (AMPKB) Kabupaten Tegal yang sudah membantu. ”Bantuan ini akan kamis salurkan kepada masyarakat yang terdampak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Alinasi Masyarakat Peduli Korban Bencana Kabupaten Tegal M Fatkhurohman saat menyalurkan bantuan mengatakan, bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak bencana ini berasal dari donator. Pihaknya akan menyalurkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang tersedia. ”Di Desa Padasari butuh perhatian dari semua kalangan masyarakat dan pemerintah. Semoga bantuan ini meringankan beban dari para korban bencana,” ungkapnya.

Selain ke Desa Padasari, di hari yang sama, pihaknya juga memberikan bantaun ke Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah. Sementara sehari sebelumnya, Minggu (13/2), aliansi juga memberikan bantuan ke warga di Desa Balapulang Wetan dan Balapulang Kulon, Kecamatan Balapulang. ”Kami akan selalu menggalang dana dan siap menerima bantuan dari semua kalangan masyarakat untuk disalurkan kepada yang berhak,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam pengalangan dana kedepan akan dilakukan dengan konsep gamen Ngamal, dimana setiap hari nanti aka nada pentas seni, music, dan lainnya yang ditampilkan melalui media social yang bertempat di Gedung Rakyat Slawi. ”Rabu malam (16/2), kami rencananya akan mengadakan doa bersama untuk keselamatan Kabupaten Tegal yang akan dipimpin dari lintas agama dan dilanjutkan ngamen ngamal,” imbuhnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA