Take a fresh look at your lifestyle.

Stok Darah PMI Brebes Menipis Jelang Ramadan

* Dampak Korona

BUMIAYU- Jelang Ramadan, stok darah di PMI Kabupaten Brebes menipis. Saat ini persediaan darah di Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Brebes hanya 120 kantong.

Untuk mencukupi kebutuhan darah tersebut, PMI menggelar kegiatan donor darah di pendapa kawedanan Bumiayu, Rabu (22/4). Sejumlah souvenir dan doorprize disiapkan sebagai apresiasi kepada para pendonor.

Dari pantauan, pelaksanaan donor darah tetap mengikuti protokol pencegahan kovid-19, yakni dengan menerapkan physical distancing. Calon pendonor yang datang wajib menggunakan masker dan cuci tangan sebelum memasuki area kegiatan. Jarak kursi tunggu antar pendonor juga diatur sedemikian rupa. Pun demikian dengan para petugas donor, mengenakan APD lengkap.

Ketua PMI Kabupaten Brebes wahidin suja mengatakan, penurunan persediaan darah mulai terjadi sejak virus corona mewabah. Pandemi korona membuat PMI tidak bisa menggelar donor darah di sekolah sekolah dan instansi.”Kondisi ini membuat stok darah kian menipis. Kalau tidak melaksanakan kegiatan ini (donor darah), kita bisa kekurangan darah,” ujarnya.

Menurut Wahidin, kebutuhan darah di Kabupaten Brebes perbulan mencapai 1.500 kantong. Sedangkan khusus wilayah Unit Donor Darah (UDD) Bumiayu 300 kantong perbulan.”Dengan kebutuhan masyarakat yang tinggi, tentu kita akan terus melakukan kegiatan donor darah untuk mencukupinya,” katanya. Termasuk saat bulan Ramadan nanti, PMI tetap membuka layanan donor darah selama 24 jam.”Bagi pendonor yang berada di wilayah Brebes selatan bisa mendatangi UDD Bumiayu,” katanya.

Pada kegiatan donor darah tersebut, Wahidin menambahkan, PMI juga menyalurkan bantuan untuk 15 warga terdampak bencana angin puting beliung di Paguyangan dan warga yang tewas tertimpa longsoran di Sirampog. Lalu bantuan APD ke RSUD Brebes dan RSUD Bumiayu.”Sebelumnya kami juga menyalurkan 51 box masker untuk kecamatan, polsek dan koramil di 17 kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, hingga kegiatan donor darah berakhir, terkumpul 289 kantong darah. Mewakili Ketua PMI Kabupaten Brebes, Camat Bumiayu Eko Purwanto menyampaikan terimakasih kepada warga yang telah menyumbangkan darahnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA