Take a fresh look at your lifestyle.

SMK Bhakti Praja Adiwerna Miliki Minimarket

-Buka Peluang Kerja dan Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa

SLAWI,smpantura.com-Tak hanya menyiapkan lulusannya memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja , SMK Bhakti Praja Adiwerna juga menyiapkan siswa memiliki jiwa wirausaha. Salah satunya dengan mendirikan minimarket.

Minimarket yang berada di Jalan Raya Singkil Adiwerna ini baru saja diresmikan Rabu (9/2). Peresmian dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jateng Wilayah XII Sulikin, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Suspriyanti dan Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Praja Tegal Suhartono dan pengurus.

Minimarket yang berada di Jalan Raya Singkil Adiwerna ini menjual berbagai produk UMKM Kabupaten Tegal makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga.

Kepala SMK Bhakti Praja Adiwerna Erfan Suparmono mengatakan, pendirian minimarket bertujuan membuka peluang kerja bagi alumni SMK tersebut.  “Saat ini, beberapa yang sudah bekerja di minimarket adalah alumni dari jurusan akuntasi dan TKJ. Untuk selanjutnya, ketika berkembang kami akan membuka dobel shift sehingga akan menambah peluang kerja,”jelas Erfan, Rabu (9/2).

Tak hanya itu, pihak sekolah juga mengenalkan siswa bagaimana berwirausaha di bidang minimarket, sehingga para siswa bukan hanya siap di lapangan kerja tapi juga bisa membuka lapangan kerja.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jateng Wilayah XII Sulikin mengapresiasi pembukaan minimarket tersebut. Saat meninjau minimarket, Sulikin menyempatkan mencicipi makanan ringan produk UMKM binaan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. Seperti snack Djintoel khas Tegal dan Amfrood.  Menurutnya, produk UMKM Kabupaten Tegal tak kalah dengan produk internasional.

Sulikin bahkan menyarankan agar sekolah bekerjasama dengan biro perjalanan wisata agar minimarket ini lebih banyak didatangi pembeli. Mengingat letaknya yang sangat strategis dan tak jauh dari pintu keluar (exit tol) Adiwerna.

“Ini bukti kreativitas SMK BP Adiwerna menyiapkan anak didiknya di bidang wirausaha. SMK memiliki tiga keunggulan dimana lulusan disiapkan menjadi pekerja, wirausaha dan kuliah,”tuturnya.

Untuk kemajuan minimaket, dia berharap, minimarket tidak hanya melakukan branding dalam bentuk fisik saja, tapi juga digital, sesuai perkembangan jaman. Ia berpesan agar pengelola memperhatian produk yang dijual di minimarket. Diantaranya menarik dari sisi kemasan dan memiliki rasa sesuai selera pasar.

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Praja Tegal Suhartono berharap dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, minimarket SMK BP Adiwerna  bisa menjadi etalase produk khas Tegal . Seperti kacang Bogares, tahu dan batik Tegal.

“”Harapannya kita nanti bisa menjadi etalase batik Tegal dan produk khas Tegal lainnya,” ungkapnya.

Pembukaan perdana minimarket disambut baik Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Suspriyanti . Apalagi barang yang dijual sebagian besar dari UMKM Kabupaten Tegal.

“Beberapa produk yang sudah bagus-bagus sudah dipasarkan di minimarket SMK Bhakti Praja Adiwerna. Ada Arumi, Djintoel, Amfrood. Ini sekaligus mempromosikan kepada masyarakat, dan ini akan membawa UMKM lain tertarik memperbaiki kemasan dan isinya,”tutur Suspriyanti. (T04-Red)

 

 

 

BERITA LAINNYA