Take a fresh look at your lifestyle.

Tahun Ini, Pemkab Tegal Hanya Rekrut 200 Pegawai

SLAWI, smpantura.com – Pemkab Tegal berencana membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 200 formasi di tahun ini. Formasi itu dinilai tak sebanding dengan jumlah PNS di lingkungan Pemkab Tegal yang pensiun.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A Jafar didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal M Bintang Adi Prajamukti usai Rapat Koordinasi (Rakor) dengan BKD, Bappeda, BPKAD, Dinkes, dan Dikbud di Ruang Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tegal, Selasa (17/5).

“Formasi PPPK tahun 2022 sebanyak 200 orang. Untuk Dikbud sekitar 60 formasi, Dinkes sekitar 41 formasi, dan 99 formasi untuk dinas lain,” katanya.

Dikatakan, formasi PPPK sebanyak 200 orang dinilai terlalu sedikit. Hal itu tidak sebanding dengan jumlah PNS yang pensiun. Rata-rata tiap tahun, PNS yang pensiun sebanyak 400-500 orang. Jika dibandingkan dengan kebutuhan PNS, kebutuhannya lebih banyak. Pasalnya, jumlah kebutuhan PNS untuk guru lebih dari 2.000 orang.

“Alasannya karena kemampuan keuangan daerah. Padahal, jika Pemkab serius bisa dialokasikan anggaran untuk lebih banyak seleksi PPPK,” ujarnya.

Komisi IV juga mengusulkan untuk 1.476 peserta seleksi PPPK tahun 2021 yang lolos passing grade, diangkat menjadi pegawai Pemkab Tegal. Mereka yang mendaftarkan diri untuk formasi guru, baik dari guru negeri dan guru swasta. Dari jumlah itu, sebanyak 1.222 orang merupakan peserta guru negeri dan sisanya guru swasta.

“Tiap SD paling banyak guru negeri hanya 2-3 orang. Harusnya peserta seleksi yang lolos passing grade bisa dimasukan ke SD yang kekurangan guru,” terangnya.

Ditambahkan, Dikbud harus mempunyai mapping kebutuhan guru setiap sekolah, sehingga bagi guru-guru yang di tempat mengajarnya tidak ada formasi, maka hendaknya mencari formasi yang ada. (T05-Red)

BERITA LAINNYA