Take a fresh look at your lifestyle.

Presiden Jokowi Bakal Kurban Sapi di Dermasuci Tegal

- Syaratnya Sapi Lokal Berbobot di Atas 800 Kg

SLAWI, smpantura.com – Warga Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, bakal mendapatkan hadiah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hadiah itu berupa sapi kurban untuk Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada 9 Juli 2022. Sedangkan sapi kurban akan diambilkan dari peternak lokal Kabupaten Tegal.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Sugiyanto membenarkan informasi tersebut. Ia mendapatkan perintah dari Dinas Peternakan Provinsi Jateng untuk mencarikan sapi untuk hewan kurban Presiden Jokowi. Dinas meminta agar sapi untuk kurban itu dari sapi lokal dan peternak setempat. “Syaratnya sapi bobotnya di atas 800 kilogram, dan sapi lokal,” katanya.

Usai mendapatkan perintah itu, kata dia, pihaknya sudah berkeliling mencari sapi dengan kriteria tersebut. Diperoleh sapi dengan bobot sekitar 920 kilogram di Peternak Sapi Kemuning, Kecamatan Kramat. Selain itu, sapi dengan bobot sekitar 910 kilogram di Peternak Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah. Namun demikian, untuk penentuan sapi yang akan dibeli tergantung tim kepresidenan yang akan turun langsung ke lapangan. “Kami juga diminta untuk mencarikan sapi kurban bagi Gubernur Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Kesehatan Jateng. Kami akan antarkan ke peternak di Kabupaten Tegal,” terangnya.

Saat ditanya soal harga jual, Sugiyanto menjelaskan, dari tim kepresidenan akan membeli dengan harga sesuai di pasaran. Harga dihitung untuk perkilogram daging sesuai dengan berat sapi hidup. Sementara itu, sapi-sapi pesanan Presiden Jokowi, Gubernur Jateng dan Kepala Dinas Peternakan Jateng akan disembelih di Desa Dermasuci. “Iya, sapi kurban itu akan disembelih di Dermasuci. Kami sudah koordinasi dengan Kepala Desa Dermasuci,” ujarnya.

Kepala Desa Dermasuci, Mulyanto mengaku telah mendapatkan informasi tersebut. Pihaknya sangat bersyukur karena mendapatkam sapi dari Presiden Jokowi. Bahkan, Gubernur Ganjar dan Kepala Dinas Peternakan Jateng juga akan menyumbangkan hewan kurban ke Dermasuci. “Ini berkah bagi masyarakat Dermasuci yang akhir-akhir ini tengah ditimpa musibah tanah bergerak,” pungkasnya. (T05_red)

BERITA LAINNYA