Take a fresh look at your lifestyle.

PPKM Naik Level 3, Tempat Wisata Guci Dibuka Secara Bersyarat dan Terbatas

SLAWI ,smpantura.com-Daya Tarik Wisata (DTW) Guci , Kabupaten Tegal masih membuka layanan meski kini PPKM di daerah tersebut naik ke level 3. Pelayanan kepada wisatawan akan dilakukan secara bersyarat dan terbatas dengan melakukan pengurangan kapasitas pengunjung.

“Sektor pariwisata masih membuka pelayanan. Saat ini , kami masih menunggu kebijakan Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal terkait naik level 3,”terang Kepala Pengelolaan Objek Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Ahmad Abdul Hasib ,”Rabu (16/2).

Menurut Hasib, dengan dibuka secara bersyarat,  para pengunjung diminta menunjukkan bukti vaksin atau menggunakan fasilitas PeduliLindungi. Selain itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Diantaranya dengan cek suhu badan dan memakai masker.

“Kami juga melakukan tes swab secara random, terutama di pos retribusi untuk membuktikan pengunjung yang masuk ke Guci tidak terpapar Covid-19,”jelas Hasib.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha untuk segera mendaftarkan diri ke PeduliLindungi terutama hotel, villa, homestay, sehingga wisatawan yang menggunakan jasa mereka akan terkontrol .

Kepada pedagang khususnya makanan dan minuman, Hasib mengimbau agar mereka tidak menyetok barang dagangan secara berlebihan.

“Mengingat saat ini masih level  3, bisa saja kebijakan pemerintah melakukan penutupan tempat wisata. Dengan tidak menyetok secara berlebihan, apabila ada kebijakan menutup tempat wisata, maka pedagang tidak terlalu merugi,”ujarnya.

Mengenai wahana Pancuran 13 yang sudah dibuka, Hasib menyebutkan, saat ini masih dalam tahap uji coba pembukaan layanan, dimana kapasitas pengunjung masih 25 persen. Opeasional pancuran 13 juga dibatasi mulai pukul 08.00 sampai 16.00.

“Apabila pengunjung tidak terkendali atau tidak taat protokol kesehatan, overload, ya terpaksa akan dilakukan penutupan,”imbuhnya. (T04-Red)

BERITA LAINNYA