Take a fresh look at your lifestyle.

Satlantas Polres Tegal Kota Tindak Tegas Pelanggaran Truk ODOL

TEGAL, smpantura.com – Sejumlah truk bermuatan lebih yang melintas di Jalur Pantura Kota Bahari, ditindak Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal Kota, dengan tilang elektronik, Jumat (11/2).

Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Aryanindita Bagasatwika menyebut, penindakan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dilakukan, lantaran kendaraan tersebut dianggap berbahaya.

Menurut AKP Bagas, demikian dia akrab disapa, selain berbahaya untuk diri sendiri, muatan berlebih juga berbahaya bagi pengguna jalan lain serta berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Kita tindak dengan tilang elektronik bagi pengendara truk yang membawa muatan berlebih dan melebihi batas ketentuan atau sering disebut pelanggaran overload dan over dimensi (ODOL),” ujarnya.

Dibeberkan AKP Bagas, pelanggaran ODOL berisiko mengakibatkan kecelakaan fatal, jika berkendara dalam kecepatan tinggi. Selain itu, pelanggaran ODOL juga menyebabkan kerugian dari segi permukaan jalan.

“Tidak dipungkiri, muatan yang berlebih tentu akan membuat beban semakin banyak. Imbasnya, infrastruktur menjadi rusak,” tegasnya.

Sementara, dalam kesempatan tersebut, Kanit Gakkum Ipda Puspa Mayangsari, turut memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para sopir untuk tertib berlalu lintas.

Ipda Mayang juga mengingatkan kepada perusahaan jasa pengiriman, untuk tidak memuat barang yang melebihi tonase dan dimensi kendaraan.

“Hari ini kita amankan barang bukti tilang elektronik berupa dua Surat Izin Mengemudi (SIM) dan satu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),” tukasnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA