Take a fresh look at your lifestyle.

Rusak Parah, Jalan Dua Ruas Jalan Segera Diperbaiki

BATANG- Pemerintah Kabupaten Batang akan segera memperbaiki dua ruas jalan rusak di Jalan RE Martadinata dan Jalan Patimura yang berada di wilayah Kecamatan Batang. Kerusakan jalan di dua tempat ini dikeluhkan oleh masyarakat.

” Insya Allah 10 Februari 2020, Jalan RE Martadinta dan Jalan Patimura mulai dikerjakan,” kata Kepala bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Endro Suryono, Senin (31/1).

Ia mengatakan, kedua ruas jalan tersebut sudah masuk kategori rusak parah. Untuk itulah, perbaikan menjadi prioritas karena merupakan akses vital bagi masyarakat pesisir menuju pasar dan pusat kota Batang.

” Dua ruas jalan itu memang cukup vital dan perbaikannya sangat-sangat ditunggu masyarakat sebagai akses masyarakat menuju pelabuhan, obyek wisata dan menuju pasar induk Batang,” jelasnya.

Kerusakan jalan ini memang menjadi keluhan warga dan sempat viral di media sosial. Endro menjelaskan, rehabilitasi Jalan RE Martarinata kontruksinya akan menggunakan aspal hotmix dengan panjang jalan 775 meter dan lebar 5,5 meter. Untuk Jalan Patimura menggunakan kontruksi rigid beton dengan 375 meter dengan lebar 4.5 meter.

Dua jalan tersebut lelangnya dimenangkan CV Pilar Sakti Utama dari Pemalang dengan harga terkoreksi Rp 1.122.330.000.

” Jalan RE Martadinata dan Jalan Patimura pekerjaan akan kita kebut. Diharapkan sebelum lebaran Idul Fitri atau pertengahan Mei 2022 sudah selesai,” tuturnya.

Endro juga menyebutkan beberapa paket pekerjaan segera dikerjakan seperti penataan drainase dan trotoar Jalan Jendral Sudirman, Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Batang.
Adapun harga terkoreksi senilai Rp 2.870.000.000 yang dikerjakan oleh CV Borobudur Timur dari Kota Semarang. Kemudian rehabilitasi Jalan Tentara Pelajar Kecamatan Batang, dengan harga terkoreksi Rp 800.600.000 dan dikerjakan oleh CV Jakon Prima dari Kota Semarang.

” Sementara itu rehabilitasi ruas Jalan Basuki Rahmat Kecamatan Batang, dikerjakan oleh Jakon Prima Kota Semarang dengan harga terkoreksi Rp 873.300.000. Perbaikan Jalan Kalibalik Kalangsono Kecamatan Banyuputih dikerjakan oleh CV Mahira Kencana Abadi dari Kabupaten Tegal dengan harga terkoreksi Rp 669.199.882,47,’ katanya.

Ditambahkan, untuk rehabilitasi Jalan Pajang Kecamatan Batang dikerjakan oleh CV. Pilar Sakti Utama dari Kabupaten Pemalang dengan harga terkoreksi Rp950.000.000. Pemeliharaan Jalan Deles-Sigemplong Kecamatan Bawang dikerjakan CV. Pelawangan dari Kabupaten Batang dengan harga terkoreksi Rp 491.621.789,76.

Adapun Penebingan Jalan Brayo-Wates Kecamatan Wonotunggal dikerjakan oleh CV Bhadrika Abadi dari Kabupaten Tegal dengan harga terkoreksi Rp 712.113.680,02. Sementara beberapa pekerjaan yang gagal menemukan pemenang ialah pekerjaan drainase ruas Jalan Bandar-Pasar Manis dengan HPS Rp 296.994.000. Untuk rehabilitasi Jalan Petamanan-Sidomulyo Kecamatan Limpung dengan HPS Rp 864.083.000. Pengaspalan Jalan Penghubung Antara Desa Wonomerto-Tombo Ruas Jalan Pesalakan-Tombo, Kecamatan Bandar, dengan HPS Rp 899.989.000.

” Insyaallah, sebelum lebaran pekerjaan sudah jadi. Karena rata-rata pengerjaan memakan waktu tiga bulan. Dimana kemungkinan mulai action pada Bulan Februari hingga pertengahan Mei,” katanya. (p10-red)

BERITA LAINNYA