Take a fresh look at your lifestyle.

PWI Kota Pekalongan Bagikan Sembako dan Makanan kepada Pemulung di TPA

PEKALONGAN, smpantura.com-Ratusan paket sembako dan makanan dibagikan kepada pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Pekalongan di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Jumat (11/2). Pada hari yang sama juga dibagikan paket sembako kepada warga terdampak banjir di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat.

Pembagian paket sembako dan makanan tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekalongan. Pada kegiatan itu, PWI Kota Pekalongan bersinergi dengan Pemkot Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Kodim 0710/Pekalongan, DPRD Kota Pekalongan dan berbagai pihak swasta.

Bantuan diserahkan Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Kapolres Pekalongan Kota AKBP  Wahyu Rohadi, Ketua DPRD Kota Pekalongan M Azmi Basyir dan Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan.

Turut hadir pada acara tersebut Branch Corporate Communication Alfamart Eko Mujianto, General Manager Hotel Khas Pekalongan Mis Mariani Rakib dan General Hotel Dafam Pekalongan Ardian.

Wali Kota mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian PWI Kota Pekalongan dan semua pihak yang teribat pada kegiatan bakti sosial tersebut. Menurutnya, kegiatan bakti sosial yang digagas PWI Kota Pekalongan tersebut sangat positif.

“Karena dalam memeringati HPN, para insan pers memperingatinya tidak dengan berfoya-foya tetapi diisi dengan kegiatan sosial berbagi dengan sesama. Menurut saya, ini yang betul. Merayakan Hari Jadi dengan bersyukur melalui kegiatan berbagi terhadap saudara kita yang membutuhkan, dan tidak dengan berfoya-foya atau hiburan,” terangnya.

Usai membagikan bantuan kepada para pemulung di TPA, Wali Kota beserta rombongan juga meninjau proses pengolahan sampah menggunakan mesin insinerator. Setelah itu, Wali Kota bersama jajaran Forkopimda Kota Pekalongan menyalurkan paket sembako kepada warga terdampak banjir di Kampung Baru, Tirto.

Mereka sekaligus meninjau kondisi pasca banjir untuk menjaring aspirasi dalam penanganan banjir di lokasi tersebut akibat limpasan air dari Sungai Bremi. “Meskipun banjir sudah surut, kami ingin mengetahui secara langsung apa yang masih menjadi kendala dan penyebab banjir di sini. Kami ingin mendengar keluhan dan masukan-masukan warga  supaya banjir bisa tertangani dengan baik,” kata Wali Kota.

Ia berharap, warga juga berperan aktif mengurangi risiko yang ditimbulkan dari bencana banjir dan bersama-sama mencari solusi dari permasalahan banjir. “Insya Allah kita bareng-bareng step by step terus mengupayakan penanganan banjir di Kota Pekalongan, baik melalui normalisasi sungai, drainase, mengurangi land subsidence dan sebagainya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN PWI Kota Pekalongan, Riyanto mengatakan, ada 130 paket bantuan yang disalurkan pada bakti sosial hari itu. “Ini terlaksana berkat kerja sama PWI dengan Pemkot, Polri, TNI, DPRD dan beberapa CSR,” paparnya.

Pada kegiatan ini, Alfamart menyerahkan 50 paket sembako berisi beras 5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter dan teh. Sedangkan Hotel Khas Pekalongan dan Hotel Dafam Pekalongan masing-masing membagikan 50 paket makanan. “Hari Pers Nasional ini menjadi waktu yang tepat bagi Alfamart bisa bersinergi dengan PWI melalui program-program kemanusiaannya,” kata Eko Mujianto.

Senada disampaikan Mis Mariani Rakib. “Ini momen yang luar biasa, melibatkan banyak pihak. Semoga ke depan kami bisa terus bersinergi, tidak hanya pada momentum Hari Pers saja,” kata dia. Ardian mengaku senang bisa berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Mereka berharap, bingkisan sembako dan makanan yang dibagikan bisa bermanfaat bagi keluarga para pemulung di TPA. (P12-Red)

BERITA LAINNYA