Take a fresh look at your lifestyle.

PWI Kota Pekalongan Diharapkan Menjadi Penangkal Berita “Hoax”

PEKALONGAN, smpantura.com-Wartawan diharapkan mengedepankan konfirmasi dan membuat tulisan yang berimbang (cover both sides) dalam setiap peliputan. Selain itu, wartawan juga diharapkan bisa menjadi penangkal berita hoax.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid dan Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin pada  Sarasehan Hari Pers Nasional dan Peresmian Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekalongan di Jalan Bahagia Nomor 3, Jumat (11/2) malam.

Wali Kota mengatakan, wartawan dihadapkan pada tantangan bagaimana menyajikan berita yang ter-update. Hal itu berisiko banyaknya muncul berita hoaks. Karena itu, ia berpesan kepada anggota PWI Kota Pekalongan hendaknya dapat meluruskan berita hoax atau berita bohong yang timbul di tengah masyarakat dalam berita yang dibuatnya.

“Wartawan memiliki peran yang sangat penting dalam membangun daerah. Karena itu, anggota PWI diharapkan dapat menangkis berita-berita hoax agar tidak menimbulkan kerusakan tatanan dalam mencapai cita-cita daerah,” pesannya.

Wakil Wali Kota menambahkan, meskipun ada hak jawab (bagi seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan terhadap pemberitaan), namun sebaiknya wartawan mengutamakan konfirmasi dan keberimbangan dalam membuat berita. “Hak jawab nomor dua. Kroscek harus diutamakan. Karena yang membaca berita pertama dan hak jawab, kadang tidak sama,” paparnya.

Sarasehan juga menghadirkan Ketua DPRD Kota Pekalongan M Azmi Basyir, Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP  Wahyu Rohadi. Kapolres berharap, selain memerangi berita hoax, wartawan juga diharapkan dapat memberitakan berita-berita yang memberikan edukasi kepada masyarakat.

Ketua PWI Kota Pekalongan Trias Purwadi berterima kasih kepada Forkopimda Kota Pekalongan yang telah sepenuh hati menyukseskan peresmian Kantor PWI Kota Pekalongan. Menurutnya, acara tersebut juga sebagai sarana mempererat kerja sama dan saling mengenal antara anggota PWI Kota Pekalongan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Pekalongan.

“Harapannya, dengan saling mengenal, OPD atau instansi tidak takut lagi dengan wartawan, tidak antipati dengan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia Kota Pekalongan,” terangnya. (P12-Red)

BERITA LAINNYA