Take a fresh look at your lifestyle.

Puting Beliung Landa Kecamatan Bojong dan Bumijawa

SLAWI, smpantura.com – Sedikitnya empat desa di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal diterjang angin puting beliung, Selasa malam (25/1). Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, namun puluhan rumah porak poranda.

“Angin puting beliung menerjang rumah warga di sejumlah desa di Kecamatan Bojong, diantaranya Desa Dukuhtengah, Danasari, Kedawung, Rembul dan beberapa desa lainnya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin.

Ia mengatakan, kondisi terparah di Kedawung dan Danasari. Jumlah rumah yang rusak lebih dari 30 unit. Bahkan, di Desa Danasari juga ada gedung Taman Kanak-kanak (TK) yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

“Kalau yang rusak berat ada tiga rumah. Lokasinya di Desa Kedawung,” ujarnya.

Dia mengaku, sejauh ini tim dari BPBD sudah melakukan evakuasi dan assesment di lokasi. Bahkan, mereka juga membantu membersihkan material rumah warga yang rusak akibat disapu angin kencang.

“Bagi warga yang rumahnya rusak berat terpaksa mengungsi,” sambungnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo menuturkan, angin kencang yang disertai hujan deras itu tidak hanya melanda Kecamatan Bojong. Tapi juga Kecamatan Bumijawa. Tidak sedikit rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang di wilayah tersebut. Di Desa Bumijawa RT 02 RW 05, 1 rumah warga dindingnya ambruk. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (25/1) sekitar pukul 16.15. Beruntung, ketika dinding ambruk, penghuni rumah sedang berada di ruang belakang. Sedangkan dinding yang ambruk di ruang tengah.

“Dindingnya diterpa angin kencang sampai ambruk. Tidak ada korban jiwa maupun luka,” ujarnya.

Dia menambahkan, bencana alam yang melanda wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa itu, saat ini sudah mendapat penanganan khusus dari sejumlah instansi terkait. Termasuk dari TNI, Polri, BPBD, pemerintah desa dan kecamatan serta beberapa relawan lainnya.

“Tim dari PMI juga sudah melakukan evakuasi dan assesment di lokasi,” imbuhnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA