Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Rumah di Capar Terendam Banjir Setinggi 1,5 Meter

JATINEGARA, smpantura.com – Hujan lebat yang melanda wilayah Desa Capar, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal membuat puluhan rumah terendam banjir, Jumat sore (4/2). Banjir setinggi 1,5 meter itu, disebabkan meluapnya Sungai Capar. Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, tapi perabotan rumah warga banyak yang rusak.

“Banjirnya memang tidak lama. Air cepat surut. Banjir berlangsung sekitar satu jam. Tapi ketinggiannya yang mengakibatkan perabotan rumah warga banyak yang rusak, tapi untungnya tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata Kepala Desa Capar, Sukirno.

Dikatakan, banjir berawal saat di wilayahnya diguyur hujan deras pada Jumat sore. Akibatnya, Sungai Capar yang membentang di tengah desa tersebut tak mampu menampung debit air hujan. Air sungai kemudian meluap dan menggenangi rumah penduduk. Bahkan, jalan provinsi di ruas Slawi-Jatinegara juga terendam banjir.

“Banyak kendaraan pribadi yang mengurungkan laju perjalanannya. Mereka memilih untuk berhenti sembari menunggu airnya surut,” terangnya.

Sukirno memperkirakan, jumlah rumah warga yang terendam banjir sekitar 50 unit. Saat ini, banjir sudah mulai surut. Banjir hanya menyisakan lumpur. Menurut Sukirno, lumpurnya cukup tebal, yakni sekitar 15 sentimeter.

“Kalau hewan ternak masih aman. Tapi kalau rumah, hampir semuanya terendam. Terutama di RW 1 sampai RW 5,” ujarnya.

Sukirno mengungkapkan, pada 2021 lalu, sebenarnya Sungai Capar akan dinormalisasi. Anggaran berasal dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana. Namun, anggaran itu direfocusing. Sehingga gagal dilaksanakan.

“Harapan kami, normalisasi segera dianggarkan lagi. Supaya tidak banjir lagi,” tukasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA