Take a fresh look at your lifestyle.

Puluhan Perusahaan dan Perguruan Tinggi Hadiri Career Day SMK 1 Adiwerna

SLAWI, smpantura.com- Sebagai upaya pengembangan dan perencanaan karir seluruh siswanya, SMK 1 Adiwerna , Kabupaten Tegal menggelar Hari Karir (Career Day) selama dua hari di sekolah tersebut.

Kegiatan yang digelar selama dua hari , Sabtu (29/1) dan Minggu (30/1) sekaligus merupakan gerbang infomasi bagi siswa  dalam merencanakan karir selanjutnya , sehingga akan mewujudkan standar kompetensi lulusan bagi SMK 1 Adiwerna.

Beberapa kegiatan  dilaksanakan dalam program career day SMK 1 Adiwerna. Yakni, expo kampus, expo UMKM, talk show kewirausahaan, job fair dan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan dunia industri dan dunia usaha (Iduka).

Kepala SMK 1 Adiwerna Imron Effendi melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) Sri Catur Cahyo Bintoro mengatakan, sebagai SMK pusat keunggulan, lulusan SMK 1 Adiwerna diharapkan dapat bekerja di dunia industri dan dunia usaha , dapat berwirausaha dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi vokasi  atau sejenisnya.

Sejalan dengan harapan itu, maka SMK tersebut menghadirkan puluhan perusahaan, perguruan tinggi dan UMKM pada acara career day. Sedikitnya dalam expo kampus dihadirkan 60 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang bekerjasama dengan mahasiswa alumni SMK 1 Adiwerna yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Alumni SMK Negeri 1 Adiwerna (IMASSAT).

Dalam expo UKMK, para siswa yang tergabung dalam kelas kewirausahaan menggelar produk yang mereka buat dan bekejasama dengan UMKM Alumni SMK 1 Adiwerna (PASSAT) . Sedikitnya ada 30 UMKM yang turut dalam expo tersebut.

Sementara itu, sebanyak 15 perusahaan turut dalam job fair. Perusahaan penyedia lowongan kerja baik dalam maupun luar negeri pada hari itu langsung melakukan seleksi kepada lulusan SMK yang mendaftarkan diri untuk bekerja.

“Job fair ini diikuti alumni SMK 1 Adiwerna maupun alumni sekolah lain,”terang Catur, saat ditemui Sabtu (29/1).

Pada hari itu, juga dilaksanakan penandatangan MoU dengan empat perusahaan yakni PT Panasonic, United Tractor, PT Nihon Seiki Indonesia (NSI) dan CV New Life Computer. MoU dilakukan dalam rangka melaksanakan kelas industri.

Catur menambahkan, hasil pendataan yang dilakukan sekolah pada siswa kelas X, dari 860 siswa, sebanyak 499 orang diantaranya menyatakan  ingin bekerja setelah lulus sekolah. Kemudian 253 orang ingin berwirausaha dan 108 orang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kepala SMK 1 Adiwerna Imron Effendi mengharapkan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu dapat berdampak baik untuk peserta didik. Ke depan lulusan SMK 1 Adiwerna dapat diterima oleh dunia industri dan dunia kerja saat tiba memasuki dunia kerja.

Sementara itu, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII, Agus Nowo mengatakan, SMK betul-betul memiliki manfaat bagi generasi muda dan  bangsa Indonesia.Agus Nowo juga menegaskan pentingnya peran alumni membantu dan memfasilitasi alumni SMK 1 Adiwerna agar berkarya sebaik-baiknya.

Tekait hal tersebut, Ketua Umum PASSAT Kaslani mengungkapkan, para alumni SMK 1 Adiwerna yang tergabung dalam PASSAT untuk selalu bangga dan bekerjasama dengan almamaternya. (T04-Red)

BERITA LAINNYA