Take a fresh look at your lifestyle.

Pesan Almarhum Prof Yahya Muhaimin : Perkuat Ilmu Pengetahuan, Etika dan Budi Pekerti

BUMIAYU,smpantura.com- Jenazah mantan Menteri Pendidikan Prof Yahya Muhaimin dimakamkan di TPU Pengempon, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Rabu (9/2) sekitar pukul 16.00. Hujan deras mengguyur selama prosesi pemakaman tokoh nasional tersebut.

 

Sebelumnya, jenazah almarhum tiba di rumah duka, Jalan Hj Siti Aminah Bumiayu sekitar pukul 14.15. Ratusan pelayat yang sudah menunggu langsung mendoakan almarhum yang menjabat sebagai Rektor Universitas Peradaban tersebut. Tampak hadir Bupati Brebes Idza Priyanti beserta jajarannya.

 

Badan Pengurus Harian Universitas Peradaban Aqib Ardiansyah, mengatakan, almarhum meninggal dunia pada Rabu (9/2) sekitar pukul 10.15 di RS Geriatri Purwokerto.”Sudah seminggu ini beliau sakit dan hari ini dipanggil pulang oleh Alloh SWT. Mohon doanya semoga almarhum husnul khotimah,” katanya.

 

Menurut Aqib, Yahya Muhaimin merupakan tokoh nasional sangat aktif di bidang pendidikan. Di usia senjanya, almarhum masih mencurahkan ilmunya sebagai rektor Universitas Peradaban.”Almarhum selalu meminta kami untuk terus memperkuat ilmu pengetahuan, etika dan budi pekerti. Itu pesan almarhum yang selalu disampaikan dimana-mana,” kata Aqib.

 

Sementara Bupati Brebes Idza Priyanti melalui Kepala Baperlitbangda Apriyanto Sudarmoko mengatakan, almarhum merupakan tokoh nasional yang telah banyak berkontribusi di dunia pendidkan. “Kami atas nama Pemkab Brebes mengucapkan duka cita yang mendalam,” kata Apriyanto.

 

Yahya Muhaimin tutup usia di umur 79 tahun, meninggalkan seorang istri, empat anak dan delapan cucu. Tokoh pendidikan kelah kelahiran Bumiayu, 17 Mei 1943 ini meraih gelar sarjana dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1971. Kemudian meraih gelar doktor dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1982. Di era kepemimpinan Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yahya Muhaimin menjadi Menteri Pendidikan Nasional 1999-2001.

 

Sebelum diangkat menjadi menteri, ia adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.
Almarhum juga pernah menjadi Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, anggota PP Muhammadiyah periode 2000-2005, dan Atase Dikbud di Washington DC.(T06-red)

BERITA LAINNYA