Take a fresh look at your lifestyle.

Pertama di Jateng, Mahasiswa Magang Dapat Jaminan BPJamsostek

TEGAL, smpantura.com – Sebagai upaya memberikan perlindungan sosial bagi mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL), Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, mengikutsertakan mahasiswanya pada program BPJamsostek.

Mereka secara resmi terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek, dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Secara simbolis, kartu kepesertaan diserahkan Kepala BPJamsostek Tegal, Mulyono Adi Nugroho melalui Kepala Bidang Kepesertaan, Wahyu Triasno, kepada mahasiswa PHB Tegal, didampingi Wakil Direktur II PHB, Erni Unggul, Selasa (18/1).

Menurut Erni, langkah tersebut ditempuh sebagai bentuk kepedulian PHB terhadap perlindungan kemungkinan risiko yang dihadapi para mahasiswa saat melaksanakan kegiatan PKL.

“Mahasiswa memiliki risiko keselamatan kerja yang tinggi ketika PKL. Dengan mengikuti kepesertaan BPJamsostek, risiko itu akan dijamin oleh kampus,” ungkapnya.

Hingga saat ini, lanjut Erni, mahasiswa PHB yang telah mengikuti program peserta BPJamsostek telah mencapai sekitar 882 orang.

“Periode pertama ada 330 mahasiswa dan kedua 552 mahasiswa. Kami segera upayakan untuk periode selanjutnya,” singkat Erni.

Sementara, Kepala Bidang Kepesertaan, Wahyu Triasno menuturkan, keikutsertaan para mahasiswa PHB Tegal yang menempuh PKL telah sesuai dengan regulasi yang ada.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016, mahasiswa atau siswa magang atau kerja praktik berhak didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan.

“PHB menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Tengah yang mengikutsertakan mahasiswanya ke dalam program BPJamsostek,” kata Wahyu.

Salah satu mahasiswi Program Studi D-3 Farmasi PHB, Alma Eka Mulyanto mengatakan, kerja sama tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-temannya yang sedang menjalankan kegiatan di luar kampus terutama selama PKL.

“Mahasiswa memerlukan jaminan keselamatan yang dapat diberikan sewaktu-waktu saat kita butuhkan. Semoga program ini bisa berjalan dengan baik serta manfaatnya dapat dirasakan oleh semua mahasiswa,” harapannya. (T03-red)

 

BERITA LAINNYA