Take a fresh look at your lifestyle.

Penyedia Jasa Sewa Skuter Listrik Didatangi Petugas Gabungan

TEGAL, smpantura.com – Sejumlah penyedia jasa sewa skuter listrik di kawasan Jalan Pancasila, didatangi petugas gabungan dari Satlantas, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Tegal, Senin (7/2) sore.

Kedatangan petugas, tak lain untuk memberikan sosialisasi dan mendata penyedia jasa sewa skuter listrik yang jumlahnya semakin menjamur.

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Hartoto mengatakan, dari pendataan awal nantinya akan dirumuskan sebuah kebijakan untuk diterapkan. Sebab, risiko bermain skuter listrik di jalan raya sangatlah tinggi.

“Kita data dan beri pemahaman dulu. Sehingga pada saat ditata, mereka sudah bisa menerima. Ini kaitannya dengan skuter listrik, odong-odong, mobil-mobilan listrik dan lainnya,” ungkap Hartoto.

Menurut dia, Jalan Pancasila merupakan area jalan raya sehingga jika bermain permainan itu sangat membahayakan keselamatan. Kemudian, setelah melakukan pendataan, nantinya akan diundang dan diberikan sosialisasi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Aryanindita Bagasatwika Mangkoesoebroto mengatakan, penertiban terhadap mainan maupun kendaraan yang tidak selayaknya digunakan di jalan raya dilakukan, mengingat jumlahnya semakin banyak.

Padahal, sarana permainan seperti skuter listrik, mobil mainan seharusnya menggunakan area yang aman dan bukan di jalan raya.

“Kalau selama ini kan bermainnya menyatu dengan kendaraan bermotor dan besar di jalanan. Apalagi skuter listrik ini belum memenuhi aspek keselamatan jalan,” tegasnya.

Kendati demikian, untuk sementara pihaknya baru melakukan sosialisasi dan kepada para pemilik usaha diminta untuk sementara mengalihkan area bermain skuter di trotoar.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu lintas Dishub Kota Tegal, Rofii mengatakan permainan skuter listrik jumlahnya semakin banyak di Taman Pancasila dan Alun-alun Kota Tegal. Karenanya, saat ini dilakukan pendataan lebih dulu.

“Setelah pendataan ini akan kami tindak lanjuti dengan koordinasi secara internal untuk melakukan kebijakan selanjutnya,” pungkasnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA