Take a fresh look at your lifestyle.

Pengangguran Jadi PR  Besar di Hari Jadi Kabupaten Tegal

SLAWI, smpantura.com – Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal tahun 2022 menjadi momen Harapan Baru, Semangat Baru bagi masyarakat Kabupaten Tegal. Terutama, soal pengangguran di Kabupaten Tegal yang menduduki peringkat tertinggi di Jateng.

Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal dirayakan secara sederhana, karena mengingat masih dalam pandemi Covid-19. Arak-arakan Tombak Kyai Plered, Pataka Pakta Integritas dan Bendera Merah Putih dilakukan dengan menggunakan mobil pikup. Selain itu, para pejabat dan Forkompimda Kabupaten Tegal diarak dengan menggunakan mobil dinas. Prosesi penyerahan Tombak Kyai Plered dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tegal juga berlangsung secara singkat.

Bupati Tegal Hj Umi Azizah usai perayaan Hari Jadi Kabupaten Tegal mengatakan, tema Hari Jadi kali ini, yakni Harapan Baru, Semangat Baru. Artinya, kondisi pandemi Covid-19 mulai membaik, sehingga roda perekonomian mulai bergerak. Termasuk, semangat untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Berbagai upaya dilakukan Pemkab Tegal, salah satunya dengan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Tegal.

“Investor diberikan kemudahan untuk berinvestasi, dan itu sudah terbukti dengan banyak investor Korea masuk ke Kabupaten Tegal. Selain itu, para pemuda juga dilatih untuk berwirausaha,” terangnya.

Terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang belum kunjung mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat, Bupati telah berupaya melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR.

“Menindaklanjuti pertemuan dengan Dirjen Kementerian PUPR, kami sudah punya gambaran terkait dengan lahan pertanian berkelanjutan. Mana lahan hijau dan mana lahan yang bisa dikuningkan,” ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tegal M Faiq menuturkan, pengangguran jadi PR besar di Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal. Pihaknya siap menfasilitasi kegiatan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Kami akan berdiskusi dengan eksekutif untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mengurangi pengangguran,” katanya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA