Take a fresh look at your lifestyle.

Mapala Giri Bahama Jalin Kerjasama dengan Satdikbata Pusdiktop Kodiklatad Surakarta

JAWA TENGAH – Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Giri Bahama, Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menjalin kerjasama belajar ilmu medan, peta dan kompas dengan Satuan pendidikan bintara tamtama Pusat Pendidikan Topografi (Satdikbata Pusdiktop) Surakarta. Hal itu disampaikan oleh Ketua KMPA Giri Bahama, Sarwoto saat beraudensi dengan Komandan Satdikbata Pusdiktop Surakarta, Letnan Kolonel Ctp Sunardi Eko Purnomo, S.Si baru baru ini.

“Kami dari jajaran pengurus KMPA Giri Bahama, memberanikan diri untuk menghadap Komandan Satdikbata Pusdiktop Surakarta untuk menjalin kerjasama. Kerjasama yang ingin dibangun khususnya tentang ilmu peta medan dan kompas dari dasar hingga lanjut sesuai dengan bidang kuliah di Fakultas Geografi UMS,” ujar Sarwoto atau lebih akrab dipanggil Plenton.

Ia mengatakan, sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari di fakultas geografi, salah satunya mempelajari tentang peta. Untuk mengembangkan ilmu dan kemampuan para anggota KMPA Giri Bahama, maka pihaknya berusaha membuat terobosan. Salah satu langkah yang mulai dilakukan yaitu menggandeng Satdikbata Pusdiktop Surakarta untuk belajar peta, sebab mereka para ahlinya dibidang itu. Langkah awal dimulai dengan beraudensi langsung dan diterima dengan baik oleh Komandan Satdikbata Pusdiktop Surakarta Letkol Ctp Sunardi Eko Purnomo, S.Si di kantornya yang berada di komplek Kraton Kasunanan. Harapannya dengan langkah tersebut mendapat dukungan dan ijin dari jajaran pimpinan fakultas geografi. Kerjasama yang dibangun sifatnya akan terus berkelanjutan, tidak hanya bertahan setahun atau dua tahun, tetapi bisa lebih lama lagi.

“Saya senang atas kunjungan yang dilakukan oleh jajaran pimpinan KMPA Giri Bahama yang ingin membangun sinergi khususnya dalam belajar peta topografi atau lainnya, termasuk olahraga orientering yang sekarang sudah banyak dilombakan dimana olahraga ini para atletnya dituntut mempunyai pengetahuan peta yang baik. Kami juga berencana untuk berkunjung ke fakultas geografi, UMS untuk bisa bersinergi menjalin kerjasama yang baik sehingga bisa membawa dampak positif bagi semuanya,” tandas Komandan Satdikbata Pusdiktop Letkol Ctp Sunardi Eko Purnomo, S.Si

Dia mengatakan, pihaknya menyampaikan perihal keinginannya untuk berkunjung ke fakultas geografi untuk bertemu dengan pimpinan dekan fakultas geografi. Melalui jajaran pimpinan KMPA Giri Bahama bisa menyambungkan atau menjembatani antara fakultas geografi dengan Satdikbata Pusdiktop Surakarta. Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas kerjasama, agar siswa-siswanya bisa belajar di laboratorium Sistem Informasi Geografi (SIG) yang ada di Fakultas Geografi UMS. Pihaknya menawarkan jika ada yang bersedia berlatih orienteering maka siap membantunya. Pihaknya membuka diri bagi Mahasiswa Pecinta Alam di Solo Raya untuk menjalin kerjasama khususnya belajar dalam bidang Ilmu Medan Peta Kompas(T08-red)

BERITA LAINNYA