Take a fresh look at your lifestyle.

Novel “Markonah dan Mardiyah” Diluncurkan

TEGAL, SMPANTURA.COM – Novel “Markonah Ratu Sehahahaha” karya Lanang Setiawan, dan “Mardiyah A Journey of Love” karya Ria Candra Dewi, Selasa sore (1/2/2022) diluncurkan. Acara peluncuran bertempat di Kedeai Tuan Besar Coffee, Jl. Wahid Hasyim No 4 di Kawasan Kuliner Ki Gede Sebayu Slawi, Kabupaten Tegal.

Undangan yang hadir hanya terbatas pelanggan yang didominasi oleh kaum hawa. Reza Ginanjar pemilik Kedai Tuan Besar Coffee selaku penyelenggara mengatakan, sengaja menghelat acara itu, karena tertarik dan penasaran pada dua novel karya mereka.

“Saya penasaran dengan dua novel mereka. Sesungguhnya cerita tokoh Markonah dan Mardiyah bagaimana? Sekaligus kami ingin berbagi pengetahuan kepada para pengunjung kedai kopi kami, tentang cerita singkat novel yang ditulis kedua novelis asal Tegal ini.”

Baik Lanang menuturkan, kepedulian yang ditunjukkan Reza Ginanjar, merupakan satu penghormatan walau acara peluncuran dua novel ini, hanya dihadiri belasan pengunjung. “Kami menyambut baik atas tempat acara yang disediakan Pak Reza. Setidaknya masyarakat yang belum mengenal siapa Markonah dan Mardiyah, dengan adanya acara ini mereka yang tidak tahu menjadi tahu,” ujar Lanang Setiawan sebelum acara dimulai.

Ditambahkan, novel berjudul “Markonah Ratu Sehahahaha” berkisah tentang perjalanan Kinasih dan Mas Jon berkelana ke Negeri Berlin, ibukota Jerman selepas Kinasih menang Sayembara novel tingkat masional, salah satu hadiahnya pergi ke Berlin bersama Mas Jon, guru penulis Kinasih yang membawanya berhasil mencapai puncak karier sebagai penulis. Di Berlin mereka mendapat tugas dari penerbit buku-buku sastra selalu pihak sayembara novel, meminta mereka pergi ke Jerman, agar membuat novel yang berlatar belakang sisik melik keriuhan Jerman pada masa Perang Dunia II, hingga runtuhnya Tembok Berlin.

Di Eiserner Steg yang dikenal jembatan “Gembok Cinta” di Kota Frankfurt, mereka akhirnya memantapkan cinta kasih mereka, hingga kemudian membina rumah tangga. Sementara novel “Mardiyah A Journey of Love” karyaRia Candra Dewi, berkisah tentang tokoh Mardiyah.

Diceritakan dalam novel itu, ayah dari Mardiyah menghendaki anak semata wayangnya bernama Mardiyah. Dengan memberikan nama anak bernama Mardiyah, kelak anaknya bisa sukses seperti legendaris Tegal yang bernama Mardiyah.

Ternyata harapan ayahnya jadi kenyataan, tokoh Mardiyah akhirnya berhasil menjadi orang paling sukses seperti halnya tokoh legendaris Mardiyah, yang asalnya dari Desa Bandasari, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Selama satu abad, tokoh Mardiyah menjadi legendari orang paling kaya di Tegal. Sore ini, dua novel “Markonah dan Mardiyah” diluncurkan. Acara ditutup pemberian dua buku novel kepada Mba Pri. (T03-red)

BERITA LAINNYA