Take a fresh look at your lifestyle.

Mulai Hari Ini PTM di Brebes Dihentikan Total

- Tren Kasus Positif Naik

BREBES, smpantura.com  – Pemkab Brebes secara resmi menghentikan seluruh kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semua jenjang sekolah mulai, Senin (14/11), dan digantikan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui daring. Hal itu diterapkan menyusul jumlah kasus positif Covid-19 yang mengalami tren naik.

“Mulai hari ini (Senin, 14/2-red) semua PTM dihentikan sementara dan kembali PJJ. Untuk sampai kapan waktunya, kami akan melakukan evaluasi terus menerus,” tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Senin (14/2).

Dia menjelaskan, kebijakan menghentikan PTM, dan diganti dengan PJJ dilaksanakan atas pertimbangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), yang melihat jumlah kasus positif Covid-19, secara nasional trennya meningkat tajam. Di sisi lain, wilayah Brebes lokasinya berada di perbatasan, dengan Jawa Barat dan DKI Jakarta. Dimana, di kedua daerah itu tren kasusnya naik tajam. “Ini kami lakukan juga sebagai upaya untuk melindungi anak-anak kita. Sehingga, kami putuskan untuk kembali ke sistem PJJ,” terangnya.

Sekda membantah, jika penerapan PJJ itu terkait banyaknya tenaga pendidik yang terkonfirmasi positif, setelah mereka pulang mengikuti bimbingan teknis di luar kota. Sebab, sudah jauh hari kebijakan penerapan kembali PJJ dibahas. “Kalau soal itu, tidak ada. Ini lebih karena kasus secara nasional trennya naik,” ungkap Djoko Gunawan yang juga sebagai Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes.

Terpisah, Plt Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes, Rojat mengatakan, surat Surat Pemberitahuan instruksi pemberhentian PTM sudah dilayangkan ke seluruh satuan pendidikan. Dalam surat bernomor 420/ 60352/ 2022 tertanggal 12 Februari ditujukan kepada Kepala PAUD, TK, PKBM, SD dan SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Brebes. “Intinya, kami memohon maaf atas kebijakan yang terkesan mendadak ini. Sebab, upaya pencegahan penting dilakukan agar tidak terjadi penyebaran virus di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, instruksi evaluasi secara menyeluruh juga sudah disampaikan kepada semua Ketua Satgas Covid Sekolah. Termasuk, pemberitahuan kepada semua wali murid terkait pengalihan PJJ sementara sebagai pengganti PTM. “Kami berharap, dengan pengalihan PTM menjadi PJJ ini, upaya 3T bisa lebih optimal dan mencegah terjadinya penularan virus,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA