Take a fresh look at your lifestyle.

MJ : KKP Perlu Merevitalisasi Pelabuhan Pelindo Tegal

TEGAL, smpantura.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat melakukan revitalisasi kawasan Pelabuhan Pelindo III, yang berada di Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mengatakan, saat ini kondisi pelabuhan semakin kurang representatif untuk bersandar berbagai jenis kapal.

Terlebih, saat ini banyak kapal yang bersandar di kolam pelabuhan, menyusul keluarnya surat perintah Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

“Banyak kapal yang pulang sebelum waktunya untuk mengurus izin peralihan alat tangkap. Alur keluar masuk menjadi terhambat dan parkir kapal berjubel,” ujar Jumadi saat memantau insiden kebakaran di Pelabuhan Pelindo, Sabtu (29/1) siang.

Menurut MJ, demikian dia akrab disapa, revitalisasi pelabuhan dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yakni musibah kebakaran kapal.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor dua di Kota Bahari ini turut menyampaikan perlunya mitigasi risiko kebakaran bagi para pemilik kapal. Mereka diminta bisa menyediakan alat pemadam api ringan atau apar.

“Paling tidak satu kapal itu punya apar. Selain itu pemilik kapal juga bisa menempatkan ABKnya saat kapal bersandar,” jelas MJ.

Dengan ditempatkannya ABK, diharapkan pengawasan kapal dapat berjalan baik dan meminimalisir terjadinya kejadian besar.

“Dari kejadian ini kita belajar. Perlu ada pembenahan dan KKP bisa merespons. Bila perlu, dalam waktu dekat Pemkot akan koordinasikan langsung dengan KKP,” imbuhnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA